KABARIKA.ID, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya ekonom senior Faisal Basri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mentan mengatakan, almarhum adalah sahabat sejati yang selama hidupnya memiliki pengabdian luar biasa terhadap kemajuan ekonomi Indonesia.

“Usai shalat subuh saya kaget mendengar beliau berpulang. Saya mengucapkan dukacita yang mendalam dan mendoakan agar almarhum ditempatkan disisi Allah Subhanallahu Wa ta’alla ujar Mentan, Kamis, 5 September 2024.

Mentan yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS) mengatakan Faisal Basri adalah orang hebat yang selalu memiliki solusi terhadap berbagai persoalan bangsa.

Salah satu yang dia ingat adalah kritik tajam almarhum terhadap sektor pertanian selama kurang lebih 10 tahun terkahir.

“Meskipun almarhum kritik tajam terhadap kinerja saya waktu itu, tapi bagi saya itulah Pak Faisal. Kritik beliau selama ini yang menjaga Kementan tidak melenceng dari hukum dan memenuhi harapan rakyat,” katanya.

Lebih dari itu, Bagi Mentan, Faisal merupakan pengkritik yang paling produktif dan selalu terukur dalam memberi koreksi.

Mentan mengaku sangat kehilangan Faisal sebagai sosok sahabat dan dan penjaga bagi keluarga besar Kementerian Pertanian.

“Yang saya ingat beliau selalu memberikan pandangannya dan memberikan kritik yang sangat positif. Itulah idealisme yang selalu dipegang. Saya benar-benar kehilangan,” katanya.

Sekali lagi, Mentan Amran memberi doa agar Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanallahu Wa ta’alla memberi tempat dan surga bagi pejuang bangsa.

Dia mengajak agar masyarakat khususnya jajaran di lingkup Kementan untuk memberi doa bagi kepergian almarhum.

“Sekali lagi saya turut berdukacita atas meninggalnya Pak Faisal. Dan selalu berdoa, juga seluruh jajaran Kementan agar semoga arwah beliau mendapat tempat terbaik di sisinya,” jelasnya.