KABARIKA.ID, JAKARTA–Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan kembali menggelar pameran perkebunan terbesar, yaitu Perkebunan Indonesia Expo, yang biasa dikenal dengan Bunex tahun 2024, dengan menggandeng Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada tahun 2024 ini Bunex direncanakan digelar pada tanggal 12 hingga 14 September 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Bunex 2024 ini mengangkat tema “Pembangunan Perkebunan
Berkelanjutan untuk Ketahanan Pangan dan Energi Menuju Indonesia Emas 2045.

Melalui Bunex kali ini, hilirisasi komoditas perkebunan menjadi kunci dan akan terus didorong untuk menghasilkan komoditas perkebunan bernilai tambah, bermutu tinggi, dan berdaya saing.

Bunex 2024 rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia KH. Ma’ruf Amin.

Pada acara pembukaan akan ada Anugerah Perkebunan Indonesia yaitu penghargaan bagi stakeholder yang dianggap berjasa bagi Perkebunan tahun ini.

Ada tiga provinsi yang akan mendapatkan Anugerah Perkebunan Indonesia tahun ini yaitu Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

Penghargaan untuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan diberikan kepada Zudan Arif Fakhrulloh.

Ketika dikonfirmasi ke Dirjen Perkebunan, Heru Tri Widarto menyatakan bahwa pemberian penghargaan telah disetujui dan piagamnya telah ditandatangani oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Penghargaan kepada mantan Pj Gub Sulbar ini masuk dalam kategori Pemerintah Provinsi yang berprestasi dalam Pembangunan Perkebunan, Peningkatan Nilai Tambah dan Daya Saing.

Penghargaan kepada Zudan ini dinilai layak karena keberhasilannya dalam memilih dan mengelola komoditas Perkebunan prioritas seperti Cengkeh, Kakao, Kelapa, Kopi, Lada dan Pala. Begitu pula sangat aktif dalam merealisasikan distribusi pupuk subsidi bagi petani.

Staf Dirjen Perkebunan, Yanuar mengatakan bahwa undangannya akan dikirim hari Sabtu ini.

Prof Zudan sendiri selama ini sangat aktif dalam mendukung program Kementerian Pertanian, beliau selalu hadir dalam setiap kunjungan Menteri Pertanian di Sulawesi Selatan dan memberikan dukungan penuh demi keberhasilan program tersebut.

Terakhir pada 22 Agustus 2024 lalu, Zudan mendampingi Mentan AAS saat kunjungan Ibu Negara, Ibu Wapres beserta ibu menteri Kabinet Indonesia Maju yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).