KABARIKA.ID, BATAM — Kurang dari satu bulan setelah dilantik secara resmi pada Sabtu, 18 Agustus 2024, pengurus IKA Unhas Wilayah Kepulauan Riau (Kepri) terus mendinamisasi organisasi dengan menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) untuk menyusun program kerja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rakerwil yang mengangkat tema, “Kolaborasi Tanpa Batas, Membangun Jaringan Alumni untuk Mewujudkan Visi Bersama” itu digelar, pada Minggu (8/09/2024) di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Center, Kepri.

Rakerwil dibuka dengan menyanyikan “Mars Unhas” sebagai lagu wajib pembuka pada setiap kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh Unhas dan IKA Unhas.

Lirik lagu yang penuh semangat ini, menginspirasi semua pengurus yang hadir untuk menghasilkan program kerja dalam periode kepengurusannya yang akan berakhir pada tahun 2026 mendatang.

“Universitas Hasanuddin
Panjimu kita bawa serta
Pancangkan di medan bakti
Namamu kita bawa bersama
Membina kejayaan nusa
Indonesia bahagia
Putra-putrimu kini bangkit
Dengan jiwa Hasanuddin….”

Kutipan bait pertama “Mars Unhas” itu sepertinya dijiwai secara mendalam oleh para peserta Raker pengurus IKA Unhas Kepri.

Raker diisi presentasi materi dari Dr. Sudirman Saad, S.H., M.H, dosen Fakultas Hukum Unhas yang kini menjabat Deputi Kepala BP Batam bidang pengelolaan kawasan dan investasi.

Peserta Rakerwil foto bersama dengan Ketua IKA Unhas Wilayah Kepri Dr. dr. Ibrahim Ali, SH, M.Sc dan Deputi Kepala BP Batam, Dr. Sudirman Saad, S.H., M.H. pada akhir kegiatan, Minggu (8/09/2024) di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam Center, Kepri. (Foto: Ist.)

Dalam materinya, Sudirman menguraikan posisi strategis Batam sebagai lokasi tempat berkiprah IKA Unhas Kepri.

Ia mengilustrasikan Batam sebagai titik paling Barat secara geografis, sedangkan Makassar sebagai tempat kampus Unhas merupakan titik pertengahan wilayah geografis Indonesia.

Lirik lagu “Mars Unhas “…Ke timur ke barat satu…Utara selatan Nusantara….” menurut Sudirman, mengamanatkan agar panji Unhas dikibarkan di seluruh penjuru wilayah.

Mantan Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil Kementrian Kelautan ini, menilai Batam sebagai tempat yang tepat di wilayah barat Indonesia bagi Unhas, untuk menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu kampus terbaik nasional.

Karena selain posisi geografisnya yang strategis, tambah Sudirman, Batam juga merupakan salah satu Kawasan Strategis Nasional dengan pertumbuhan yang pesat.

“IKA Unhas Kepri dapat menjadi jembatan kampus Unhas dalam mewujudkan berdirinya Kampus Vokasi Unhas di Batam,” tandas Sudirman.

Selain itu, ujarnya, IKA Unhas Kepri juga diharapkan dapat berkontribusi pada bidang usaha galangan kapal, mengingat sumber daya alumni Unhas bidang perkapalan cukup banyak tersedia dan diakui andal.

“Industri shipyard di Batam adalah salah satu industri yang bertumbuh pesat dan berkontribusi signifikan dalam pembangunan nasional,” ujar Ketua Pembina IKA Unhas Kepri tersebut.

Raker yang berlangsung sehari itu, juga dihadiri Abd. Karim, seorang profesional Akuntan juga Sekertaris Pembina dan Ibrahim Ali selaku Ketua Pengurus IKA Unhas Kepri.

Ketua Panitia Raker, Amirullah menjelaskan bahwa arahan dan motivasi dari materi yang disampaikan Sudirman Saad, diterjemahkan ke dalam program kerja prioritas.

Program untuk mendirikan Kampus Vokasi Unhas di Batam, disambut antusias oleh Andi Wahyudin Jalil, mantan aktivis mahasiswa Unhas yang kini berprofesi sebagai advokat.

Menurut Andi Wahyudin, sangat tepat bila Unhas mewujudkan pendirian kampus tersebut.

Melalui IKA Unhas Kepri, program vokasi pendidikan tinggi ini diharapkan menghasilkan alumni dengan keterampilan dan pengetahuan praktis yang sangat dibutuhkan dunia industri dan dunia usaha saat ini, khususnya kebutuhan SDM di Batam, Bintan dan Karimun sebagai Kawasan Strategis Nasional.

“Apalagi saat ini pemerintah tengah gencar melakukan hilirisasi dalam pembangunan nasional,” tegas Andi Wahyudin.

Senada dengan Andi Wahyudin, salah seorang alumni Unhas yang kini bekarier di salah satu perusahaan asing di Batam, Akhmad Nanang AP, juga optimis dunia usaha akan menyambut kehadiran kampus Vokasi Unhas di Batam.

Oleh karena itu, ia mengimbau seluruh alumni Unhas di Kepri senantiasa bersatu dan menjaga spirit ke-Unhas-an agar panji Unhas dapat terkibar di mana-mana dengan prestasi dan reputasi yang baik dan membanggakan.

Daftar Program Kerja Prioritas

Rakerwil IKA Unhas Wilayah Kepri telah menghasilkan menyetujui beberapa program kerja prioritas sebagai berikut.

Bidang Organisasi dan Keanggotaan
> Membuat data alumni dan media informasi bagi IKA Unhas Kepri,
> Membuat KTA bekerja sama dengan bank yang berfungsi sebagai ATM dan kartu parkir,
> Membentuk pengurus daerah kabupaten/kota yang memenuhi syarat,
> Mengaktifkan pengurus daerah kabupaten/kota yang sudah terbentuk.

Bidang Agama, Sosial, dan Kemasyarakatan
> Bakti sosial,
> Kegiatan keagamaan.

Bidang Pendidikan, Riset dan Teknologi
> Alumni goes to school,
> Pemetaan kebutuhan Prodi dalam rangka pembangunan kampus Unhas Kepri,
> MoU dengan perusahaan swasta untuk magang (implementasi kampus merdeka).

Bidang Kesehatan
> Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan,
> Penggalangan dana kesehatan bagi anggota IKA Unhas yang sakit atau meninggal dunia.

Bidang Hukum dan HAM
> Koordinasi dan fasilitasi perselisihan ketenagakerjaan,
> Pendampingan dan mediasi bantuan hukum.

Bidang Pemuda, Olahraga, Seni dan Kebudayaan
> Goes Alumni,
> Family Gathering tahunan.

Bidang Perindustrian dan Perdagangan
> Pembentukan badan usaha/perseroan terbatas IKA Unhas.

Bidang Ketenagakerjaan
> Pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja, misalnya CSR bekerja sama dengan perusahaan,
> Workshop sharing session/mentorship.

Bidang Ekonomi Kresatif dan UMKM
> Festival budaya dan kuliner khas Sulawesi,
> Pembentukan Koperasi IKA Unhas Kepri,
> Pembinaan UMKM.

Bidang Kelautan dan Perikanan
> Pelatihan pengolahan hasil laut,
> Kampanye gemar makan ikan. (*/mr)