KABARIKA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih predikat Unggul Kluster 1 yang diberikan berdasarkan penilaian yang terdiri atas dokumen Kelembagaan Kemahasiswaan, Kegiatan Mandiri, dan Kegiatan Kemdikbudristek.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Predikat tersebut tertuang dalam hasil penilaian dan verifikasi Simkatmawa (Sistem Informasi Kinerja Tata Kelola Kemahasiswaan) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek untuk dokumen tahun 2022 dan 2023, Senin (9/09/2024).

Pemeringkatan ini, membagi perguruan tinggi berdasarkan jumlah mahasiswa aktif pada 2023 yang terdiri dari empat kluster.

Sumber: Humas Unhas

Unhas berada pada Kluster 1 yang diisi perguruan tinggi besar dengan jumlah mahasiswa aktif lebih dari 18 ribu.

Pada Simkatmawa ini, dilakukan pendataan kinerja perguruan tinggi berupa data aktivitas mahasiswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan data jumlah mahasiswa berprestasi.

Data tersebutlah yang diakomodasi melalui indikator penilaian kegiatan/prestasi mandiri perguruan tinggi dan kegiatan Kemendikbudristek pada Simkatmawa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) menjelaskan bahwa dalam Simkatmawa ini Unhas meraih predikat tertinggi, yaitu Unggul.

Untuk dapat meraih unggul, lanjut Prof Ruslin, setiap perguruan tinggi harus memperoleh nilai lebih dari 3.161,2. (*/rs)