Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pertanian Negara G20 yang dilangsungkan di Chapada dos Guimarães, negara bagian Mato Grosso, Brazil dari 12 – 14 September 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

KABARIKA.ID, BRAZIL–Kota Chapada ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, menampilkan pemandangan dramatis, air terjun, dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Wilayah ini merupakan situs Warisan Dunia UNESCO, yang menunjukkan komitmen Brasil terhadap keberlanjutan dan konservasi.

Dalam catatan panitia, hal ini menjadi salah satu alasan kota ini dipilih sebagai tempat pelaksanaan G20 Agriculture Ministerial Meeting 2024 (AMM).

Chapada dianggap sebagai tempat yang ideal untuk diskusi tentang praktik pertanian berkelanjutan, ketahanan pangan, dan inovasi dalam teknologi pertanian.

Diharapkan para delegasi akan merasakan keindahan yang menenangkan dari cagar alam ini. Menjadi latar belakang yang unik untuk sesi diskusi produktif dan kolaboratif.

Chapada dos Guimarães adalah wilayah dengan keindahan alam yang mengesankan, terletak di dataran tinggi yang luas dengan ketinggian mulai dari 600 hingga lebih dari 850 meter (sekitar 2788 kaki).

Dataran tinggi ini dicirikan oleh lereng curam dan tebing batu pasir merah, menciptakan lanskap ngarai yang unik dan formasi batuan yang beragam.

Secara geologis, Chapada dos Guimarães terletak di salah satu lempeng geologi tertua di planet ini, dengan sejarah sekitar 500 juta tahun ketika ada lapisan es di wilayah tersebut.

Selama ribuan tahun, daerah ini pernah tertutup laut, berubah menjadi gurun, dan kemudian dimodifikasi oleh pembentukan Pegunungan Andes, yang memengaruhi penciptaan Chapada seperti yang kita kenal sekarang.

Keanekaragaman alam Chapada luar biasa, menampung kombinasi unik vegetasi Cerrado, hutan yang mirip dengan Hutan Atlantik, dan sentuhan Hutan Hujan Amazon.

Floranya kaya dan beragam, dengan berbagai spesies seperti anggrek, bromeliad, ipês, dan banyak tanaman lain yang khas dari cerrado Brasil.

Selain itu, wilayah ini terkenal dengan buah-buahan seperti pequizeiro, cajuzinho, dan araticum.

Keanekaragaman hayatinya yang kaya juga tercermin dalam fauna Chapada, yang mencakup lebih dari 400 spesies burung, seperti macaw merah, simbol wilayah, dan berbagai jenis burung yang mengesankan yang menarik pengamat burung dari seluruh dunia.

Selain burung, Chapada adalah rumah bagi berbagai macam mamalia, seperti trenggiling raksasa, serigala berawak, tapir, dan jaguar.