KABARIKA.ID, GORONTALO–Pengurus Ikatan Alumni Wilayah Provinsi Gorontalo (IKA UNHAS) bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Gorontalo melaksanakan Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Bagi Para Pelaku Usaha di Gorontalo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bimbingan Teknis yang dilaksanakan di Hotel Fox Kota Gorontalo, Kamis 12 September 2024 dibuka oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Yosep Koton dan dihadiri oleh kurang lebih 60 pelaku usaha yang tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo.0

Mayoritas dari Peserta adalah Alumni UNHAS di Gorontalo yang bergerak di bisnis. Selebihnya adalah Para jurnalis Media OnLine, Koperasi dan Pelaku UMKM.

Dalam sambutannya Yosep Koton menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo khususnya Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo dan IKA UNHAS Gorontalo karena telah membantu dan memfasilitasi serta memberikan pengetahuan baru kepada para pelaku usaha.

Selanjutnya Bimtek ini diharapkan dapat membawa manfaat dan keberkahan bagi setiap pelaku usaha dan memberikan kemudahan bagi mereka dalam mendapatkan legalitas usaha yang diterbitkan melalui Sistem OSS RBA.

Sementara itu Plh. Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo, Rugaya Biki dalam paparannya menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelayanan dan fasilitasi bagi masyarakat khususnya pelaku usaha, karena pada kegiatan ini juga pelaku usaha difasilitasi dan dibantu untuk memenuhi komitmen persyaratan perizinan berusahanya.

Selain itu, kata Rugaya kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan capaian realisasi investasi Provinsi Gorontalo yang tahun ini ditargetkan sebesar Rp6,46 Triliun, naik dibandingkan tahun lalu.

“Olehnya kami akan selalu hadir dan berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam pengurusan perizinan berusahanya, sebagaimana arahan Bapak Gubernur Gorontalo,” kata Rugaya.

Menurut dia, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Gorontalo akan selalu mendekatkan diri dalam memberikan pelayanan dan bimbingan secara langsung kepada pelaku usaha yang mengalami kendala dalam memperoleh legalitas usahanya.

Menurut H.M. Dahlan Usman -selaku Ketua IKA UNHAS Gorontalo- kegiatan ini ditujukan untuk memfasilitasi Alumni Unhas yang bergerak di bidang bisnis sekaligus mendorong interkoneksitas pelaku usaha dengan Pemerintah & stakeholder bisnis lainnya.

Kegiatan ditutup dengan resmi oleh Bpk Ir. Mikson Yapanto, anggota DPRD Provinsi yang juga merupakan alumni UNHAS.