KABARIKA.ID, BRAZIL–Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tiba di Chapada dos Guimaraes, Brazil Rabu 11 September 2024 malam dalam rangka men ghadiri G20 Agriculture Working Group Ministerial Meeting (Pertemuan Tingkat Menteri Kelompok Kerja Agrikultur).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Peserta dari berbagai negara G20 dan negara undangan lainnya telah tiba di venue hari Rabu 11 September ini.

Panitia menyiapkan ruangan khusus bagi negara yang ingin mengadakan pertemuan bilateral di hari ini.

Selanjutnya diadakan jamuan selamat datang bagi seluruh delegasi. Mentan Amran sendiri tiba saat acara welcome dinner ini berlangsung.

Dan karena telah menempuh perjalanan selama 35 jam lebih, Mentan hanya sempat berdiskusi dengan Dirjen FAO dan salah satu investor peternakan asal Brazil yang telah berinvestasi peternakan di Nusa Tenggara Timur lalu memohon izin untuk istirahat.

Kamis, 12 September akan diselenggarakan acara pembukaan pada pukul 9.30 pagi waktu Brazil (GMT -4).

Pada acara pembukaan ini sambutan akan disampaikan oleh Menteri Pertanian dan Peternakan Brasil Carlos Fávaro; Gubernur Negara Bagian Mato Grosso, Mauro Mendes; Menteri Pembangunan Agraria dan Pertanian Keluarga Brasil Paulo Teixeira serta Wakil Menteri Perikanan dan Akuakultur Brasil Édipo Cruz.

Setelah acara pembukaan, pukul 10.30 akan dilanjutkan dengan Panel B20 yang berisi pembahasan rekomendasi Gugus Tugas Pertanian Berkelanjutan dan Sistem Pangan kepada Menteri Pertanian G20 yang akan dibawakan oleh Gilberto Tomazoni Ketua Gugus Tugas B20 dan CEO JBS.

Pukul 12.00 akan diadakan ESALQ/USP panel dengan tema Food Systems in Tropical Agriculture and Low Carbon Agriculture dengan ruang lingkup penelitian, pendidikan, dan strategi untuk mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan, mengurangi limbah makanan, dan mengurangi dampak lingkungan dari produksi dan konsumsi pangan.

Pukul 12.30 akan diadakan IICA panel dengan tema Overcoming Challenges: Pathways to Sustainable and Resilient Agriculture (Mengatasi Tantangan: Jalur menuju Pertanian yang Berkelanjutan dan Tangguh) yang akan disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal IICA Manuel Otero.

Setelahnya akan dilaksanakan Pertemuan Tingkat Menteri membahas hal-hal prioritas yang akan dideklarasikan.

Pertemuan Tingkat Menteri hari Kamis ini akan berlangsung dari pukul 14.30 – 19.00.

Jumat 13 September masih akan dilanjutkan dengan pertemuan Tingkat Menteri sesi ke-2.

Di sela-sela agenda ini para Menteri akan melakukan pertemuan bilateral sesuai kebutuhan dan agenda negaranya masing-masing.

Sabtu 14 September akan diadakan Field Trip ke Bom Futuro Farm di Campo Verde.

Kunjungan ini dalam rangka melihat bagaimana gelombang evolusi pertanian tropis dan Brasil dari waktu ke waktu, dengan menampilkan sebuah farm pertanian yang menjadi referensi dalam produktivitas, praktik pertanian berkelanjutan, dan kepatuhan terhadap aspek sosial lingkungan.

Setelah ini para peserta akan Kembali ke negara masing-masing.⁰