KABARIKA.ID, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Kompetisi Debat Pelajar Antar Pelajar Se-Sulawesi Selatan Tahun 2024 bekerja sama dengan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Universitas Hasanuddin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan tersebut diikuti oleh 96 peserta dan guru pendamping yang berasal dari 24 tim perwakilan sekolah yang sebelumnya telah berkompetisi di tingkat Kabupaten/Kota dan berhasil menjurai Debat Pilkada Antar Pelajar sehingga berhak mengikuti kompetisi Debat Pelajar Pilkada Tahun 2024 di tingkat Provinsi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Mahoni Hall Claro Hotel Makassar selama 3 hari sejak tanggal 9-11 September 2024.

Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas KPU Pronvisi Sulawesi Selatan, Hasruddin Husain, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pendidikan pemilih pemula khususnya Gen Z yang memiliki persentase tertinggi pada pilkada nanti.

Sekaligus untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 menuju pemungutan suara pemilihan Gubernur & Wakil Gubernur, Bupati & Wakil Bupati, serta Walikota & Wakil Walikota yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Kompetisi Debat Antar Pelajar Se Sulawesi Selatan terlaksana dengan kolaborasi antara Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan dan Lembaga Dialektika Haluan Kebangsaan Universitas Hasanuddin.

“Tujuan lain dari kegiatan disebutkan Hasruddin bahwa debat merupakan ajang pertukaran ide dan gagasan untuk melahirkan sebuah solusi yang dapat diimplementasikan untuk mewujudkan Pilkada yang demokratis,” ungkapnya, Kamis (12/9/2024).

SMA Negeri 1 Bone yang mewakili Kabupaten Bone berhasil meraih juara pertama pada kompetisi tersebut dengan mosi pada babak final “Politik Identitas dalam Pemilihan Kepala Daerah mengalahkan SMA Negeri 17 Makassar yang meraih juara kedua.

Sedangkan juara 3 diraih oleh SMA Negeri 7 Pinrang dan juara 4 berhasil diraih oleh SMA Negeri 12 Luwu.

Adapun pembicara terbaik atas nama Surya Saputra (Pinrang) dan Zakiah Izzati (Makassar) yang dinobatkan sebagai Duta Pilkada Putra/i KPU Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024.