KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sebanyak 85 anggota DPRD Sulawesi Selatan terpilih untuk periode 2024-2029 akan dilantik 21 Oktober 2024 mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dari jumlah anggota legislatif terpilih itu, ada sembilan orang yang ikut kontestasi Pemilhan kepala daerah (Pilkada) 2024, baik tingkat kabupaten dan kota.

Sehingga, menurut Komisione Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Ahmad Adiwijaya, sembilan calon anggota legislatif (Caleg) terpilih di DPRD Sulsel tidak akan dilantik.

Mereka dinyatakan TMS (Tidak memenuhi syarat) karena maju pada Pilkada serentak 2024.

“Mereka juga sudah mengajukan pengunduran diri sebagai caleg terpilih. Sehingga yang dilantik nantinya adalah caleg yang berada pada urutan kedua suara terbanyak dari partai yang dinyatakan punya kursi di parlemen, menggantikan caleg yang maju Pilkada,” sebut Adiwijaya.

Ia pun mengaku, sembilan caleg terpilih DPRD Sulsel telah menyampaikan surat pengunduran dirinya lewat partai politik masing-masing.

Parpol juga telah mengonfirmasi mereka telah mengajukan pengunduran diri karena akan maju di Pilkada.

“Jadi tidak ada masalah lagi dalam pencalonan. Dan terkait penggantian juga kembali ke partai masing-masing,” sebut Adiwijaya.

Hanya saja, caleg mundur itu tidak diganti dengan mekanisme penggantian antar waktu (PAW).

Pasalnya caleg terpilih yang digantikannya mundur sebelum pelantikan.

Mereka yang mundur adalah Bakal Calon Wali Kota Makassar dari Partai Golkar Munafri Arifuddin, yang akan digantikan Kadir Halid.

Lalu Bakal Calon Bupati Gowa dari PAN Husniah Talenrang diganti Kamaruddin

Bakal Calon Bupati Sinjai Muzayyin Arif dari PKS diganti Nur Hasmiah Main, dan Calon Wakil Bupati Soppeng dari Partai Demokrat Selle KS Dalle akan digantikan Anarchie Arus Bakti.

Sementara lima lainnya, dari Partai NasDem, yaitu Rezky Mulfiati Lutfi sebagai Bakal Calon wali Kota Makassar akan digantikan Mahmud.

Lalu di Kabupaten Kepulauan Selayar ada Ady Ansar sebagai bakal calon bupati yang akan digantikan Sri Dewu Yanti.

Kemudian di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sekretaris DPW Partai NasDem Syaharuddin Alrif akan maju sebagai sebagai bupati, yang otomatis akan digantikan oleh Asman, peraih suara terbanyak kelima di Dapil Sulsel 7, karena di dapil sana, NasDem menempatkan empat wakilnya di kursi DPRD Sulsel.

Lanjut masih dari NasDem, yaitu Muhammad Yusuf sebagai Bakal Calon Bupati Enrekang.

Ia akan digantikan Andi Insan P Tanri. Dan terakhir Bakal Calon Wali Kota Parepare Tasmin Hamid akan digantikan oleh Muhammad Sadar. (*)