KABARIKA.ID, IKN NUSANTARA — Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin akan berakhir kurang dari 40 hari lagi. Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka akan memegang kendali pemerintahan secara resmi pada 20 Oktober2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto menjadi yang terbaik sepanjang sejarah.

Penegasan itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Garuda IKN Nusantara, Jumat (13/09/2024).

“Ini transisi pemerintahan terbaik, mulus. Rakyat pun mendukung penuh Prabowo-Gibran yang segera akan memerintah sebagai pelanjut Pak Jokowi,” ujar Menkominfo Budi.

Presiden Jokowi menggelar Sidang Kabinet Paripurna yang kedua kalinya di Ruang Sidang Nusantara, Istana Garuda IKN. Sidang Kabinet ini sekaligus menjadi yang terakhir pada era pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Presiden Jokowi menyampaikan beberapa arahan penting kepada jajaran menterinya. Antara lain, minta kepada mereka menjaga kondusivitas menjelang pelantikan Presiden dan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Presiden memberi instruksi agar seluruh jajaran KIM (Kabinet Indonesia Maju) mendukung penuh program presiden terpilih, sekaligus memastikan transisi pemerintahan berjalan efektif agar pelayanan publik tidak terganggu,” kata Menkominfo.

Begitu juga regulasi yang dibutuhkan untuk mendukung pemerintah baru. “Perlu dirampungkan segera agar pemerintahan baru bisa langsung bekerja melayani rakyat,” ujar Budi.

Menurut Menkominfo, Presiden Terpilih Prabowo Subianto berkomitmen untuk menuntaskan berbagai program strategis Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin.

Salah satunya adalah kelanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan berbagai tantangan bangsa, seperti illegal mining, Narkoba, dan judi online. (*/mr)