KABARIKA.ID, MAKASSAR — Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar International Student Festival 2024 yang berlangsung di JK Arenatorium, GOR Unhas, Kampus Tamalanrea, Minggu (15/09/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan tahunan ini menjadi ajang pertemuan budaya internasional yang tidak hanya mempererat hubungan antarmahasiswa dari berbagai negara, tetapi juga memperkuat komitmen Unhas dalam mendukung kerja sama akademik dan kebudayaan antarbangsa.

Festival dibuka cecara resmi oleh Sekretaris Unhas, Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D. Dalam sambutannya, Prof Sumbangan menggarisbawahi pentingnya kegiatan ini dalam memperluas wawasan mahasiswa mengenai dunia internasional, khususnya melalui stan-stan yang disediakan oleh perwakilan mahasiswa internasional.

“International Student Festival merupakan salah satu kegiatan strategis bagi Universitas Hasanuddin untuk memperkenalkan budaya negara-negara sahabat dan mendekatkan mahasiswa pada peluang pertukaran pelajar internasional. Melalui kegiatan ini, mahasiswa Unhas dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang negara-negara mitra akademik Unhas,” jelas Prof. Sumbangan.

Sekretaris Unhas, Prof. Ir. Sumbangan Baja, M.Phil., Ph.D. menyerahkan piagam penghargaan kepada mahasiswa internasional asal Nigeria, atas partisipasinya pada International Student Festival 2024, Minggu (15/09/2024) di JK Arenatorium, GOR Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar. (Foto: Humas Unhas)

Selain itu, ia juga menegaskan komitmen Unhas dalam menyediakan akses pendidikan berkualitas dan optimal bagi mahasiswa internasional.

“Kami senantiasa membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional yang ingin menimba ilmu di Universitas Hasanuddin. Selain menyediakan kurikulum yang berstandar internasional, kami juga memastikan lingkungan akademik yang kondusif bagi perkembangan intelektual mereka,” jelas Prof. Sumbangan.

Ia berharap, mahasiswa internasional tidak hanya fokus pada studi akademik, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam mempelajari bahasa dan kebudayaan lokal, khususnya budaya Makassar.

“Kami berharap melalui festival ini, mahasiswa internasional dapat memperkaya pengalaman mereka dengan memahami keunikan budaya Indonesia. International Student Festival ini adalah salah satu cara bagi mereka untuk lebih mendalami kebudayaan lokal sekaligus membangun kerja sama internasional yang lebih kuat di masa depan,” tandas Prof Sumbangan.

Di sisi lain, mahasiswa lokal juga diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka wawasan global dan meningkatkan kemampuan intercultural.

Dengan partisipasi aktif mahasiswa dari berbagai negara, International Student Festival 2024 sukses menciptakan suasana multikultural yang interaktif, di mana para peserta dapat berinteraksi secara langsung melalui berbagai stan budaya, pertunjukan seni, serta kuliner khas dari masing-masing negara.

Perwakilan mahasiswa internasional asal Yordania, Ali Elayyan, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan festival, mengungkapkan rasa bangganya bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan berharga bagi kami untuk memperkenalkan budaya negara kami, sekaligus mempererat hubungan dengan mahasiswa lokal. Melalui kerja sama dan dialog lintas budaya, kita dapat memperkuat ikatan dan pemahaman antarbangsa,” ujar Elayyan.

International Student Festival 2024 dimeriahkan stan pameran dari sejumlah negara mitra, yakni Yordania, Sudan, Yamen, Nigeria, Afghanistan, Burkina Faso, Madagaskar, Palestina, Pakistan, Honduras, dan Timor Leste.

Juga dilengkapi dengan kehadiran Aussie Banget Corner, Warung Prancis, Korea Corner, German Corner, Mandarin Corner, Japan Corner, dan Education USA. (*/mr)