Site icon KABARIKA

Ketua IKA FKG Unhas Terpilih Jadi Ketua DPRD Sulsel Periode 2024-2029

KABARIKA.ID, JAKARTA — Inilah hattrick berbuah manis. Tiga kali terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi, kini didaulat jadi Ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029. Memimpin lembaga legislatif yang dihuni 80 persen wajah baru.

Selain hattrick, juga brace – meminjam istilah dalam sepak bola terkait jumlah gol yang dicetak. Karena dua kali secara beruntun dalam satu dekade Ketua DPRD-nya perempuan. Sebelumnya Andi Ina Kartika dari Golkar.

Nama perempuan itu adalah drg. Andi Rachmatika Dewi Yustitia Iqbal. Ia biasa dipanggil Cicu. Lahir di Makassar pada 27 Oktober 1983. Putri dari pasangan Andi Muhammad Iqbal Arief dan Hj. Nurhayati Sirajuddin.

Masa kecilnya ia habiskan di Jakarta hingga tamat di SMA 6 Jakarta. Ia lanjut dengan masuk pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas 2002 dan lulus dengan menyandang gelar dokter gigi (drg).

Selain sebagai Ketua DPC Partai Nasdem Kota Makassar, Cicu juga diberi amanah kepercayaan memimpin rekan sejawatnya sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) FKG Unhas menggantikan drg. Hasnah Syam yang wafat pada 2023.

Terpilihnya Cicu sebagai Ketua DPRD Sulsel seolah mengingatkan bahwa sejarah itu berulang. Sejarah dimaksud terjadi setelah Partai Nasdem sebagai pemenang Pemilu 2024 di Sulsel resmi mengumumkan nama calon kandidat Ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029, Selasa 17 September 2024.

Dulu drg. Andi Rachmatika Dewi diganti Syaharuddin Alrif sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel periode 2014-2019. Politisi partai Nasdem yang akrab disapa Cicu ini harus mundur karena mengikuti Pilwali Makassar pada 2018.

Sekarang giliran Cicu yang menggantikan posisi Syaharuddin Alrif sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029. Rekan satu partainya itu sebagai Caleg terpilih harus mundur karena mengikuti kontestasi Pilkada Serentak kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) akhir tahun ini.

Yang mengumumkan kepastian nama Ketua DPRD Sulsel yang baru itu adalah Syahar sendiri yang merupakan Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulsel, mewakili Ketuanya. Sebelumnya ia dijagokan menakhodai gedung parlemen yang terletak di Jalan Jenderal Urip Sumohardjo Makassar tersebut.

“Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse Mappasessu dan saya selaku Sekretaris serta jajaran pengurus, telah resmi memberi amanah kepada Andi Rachmatika Dewi sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029,” kata Syahar.

Saya kira Cicu pun tak pernah menyangka pengulangan sejarah itu terjadi. Yang pasti, terpilihnya Cicu menjawab teka-teki dan menyudahi spekulasi yang beredar di publik selama ini. Dan menambah daftar panjang Ketua DPC partai kab/kota yang “naik kelas” jadi unsur pimpinan di level dewan provinsi. (Rusman Madjulekka)

Exit mobile version