KABARIKA.ID, MAKASSAR — Gorila yang hidup di hutan Afrika terbukti mampu mengobati dan merawat luka sendiri menggunakan tanaman dan dedaunan yang mereka konsumsi dan memiliki khasiat pengobatan.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sejumlah ilmuwan mengatakan bahwa fenomena itu menyimpan petunjuk untuk penemuan obat di masa depan.

Para peneliti di Gabon, negara yang terbentang di pesisir barat Afrika, mempelajari tanaman tropis yang dimakan oleh para gorila liar (dan juga digunakan oleh tabib di daerah setempat), kemudian mengidentifikasi empat tanaman yang memiliki khasiat pengobatan.

Serangkaian studi laboratorium mengungkapkan bahwa tanaman-tanaman tersebut memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang tinggi. Salah satunya menunjukkan potensi dalam melawan bakteri super.

Gorila-gorila dataran rendah yang hidup di hutan liar Afrika Tengah dan Afrika Barat bertahan hidup dengan memakan batang tanaman, bambu, dan buah-buahan. (Foto: Getty Images/BBC)

Kera besar diketahui dapat mengobati diri sendiri dengan memilih tanaman yang memiliki khasiat penyembuhan.

Seekor orangutan yang terluka baru-baru ini menjadi berita utama karena menggunakan sejenis salep dari tanaman untuk menyembuhkan lukanya.

Dalam penelitian terbaru, sejumlah ahli botani mencatat tanaman yang dimakan oleh gorila dataran rendah di Taman Nasional Moukalaba-Doudou di Gabon.

Mereka memilih empat pohon yang kemungkinan bermanfaat, berdasarkan wawancara dengan tabib setempat.

Keempat jenis pohon itu adalah fromager (Ceiba pentandra), mulberry kuning raksasa (Myrianthus arboreus), jati Afrika (Milicia excelsa), dan pohon ara (Ficus).

Kulit pohon yang digunakan para tabib dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari gangguan perut sampai kemandulan, mengandung bahan kimia dengan khasiat pengobatan, seperti fenol dan flavonoid.

Keempat tanaman tersebut menunjukkan aktivitas antibakteri, setidaknya terhadap satu jenis bakteri yang kebal terhadap banyak obat, yaitu E. coli.

Pohon fromager (Ceiba pentandra) digunakan para tabib di Gabon untuk mengobati beragam penyakit pada manusia. (Foto: Getty Images/BBC)

Menurut para peneliti, pohon fromager menunjukkan aktivitas yang luar biasa terhadap semua jenis bakteri yang diuji.

“Hal ini menunjukkan bahwa gorila berevolusi untuk memakan tanaman yang bermanfaat bagi mereka, sekaligus menyoroti kesenjangan besar dalam pengetahuan kita tentang hutan Afrika Tengah,” kata Prof Dr Joanna Setchell, seorang antropolog di University of Durham, Inggris, yang terlibat dalam penelitian tersebut bersama para ilmuwan Gabon.

Prof. Dr Joanna Setchell, antropolog dari University of Durham, Inggris, dan penulis buku Studying Primates. (Foto: durham.ac.uk)

Gabon memiliki hutan yang luas dan belum dijelajahi. Hutan tersebut menjadi rumah bagi gajah hutan, simpanse, dan gorila, serta banyak tanaman yang belum diketahui oleh saintis.

Perburuan liar dan penyakit telah menyebabkan sejumlah besar gorila dataran rendah di bagian barat Gabon, menghilang di alam liar.

Mereka digolongkan sebagai spesies yang sangat terancam punah dalam Daftar Merah International Union for Conservation of Nature. (rus)