Site icon KABARIKA

Cak Imin Ungkap Tantangan Partai dan Anggota Dewan Membangun Kepercayaan

KABARIKA.ID, GOWA – Hari kedua Sekolah Pemimpin Perubahan (Sespim) Zona VII Sulawesi dan Papua di Malino dihadiri Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Jumat (20/9/2024).

Ketum Cak Imin tiba di Batulapisi Malino, lokasi Sespim ke VII didampingi iringan kendaraan dari Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad yang menjemput dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar-Maros, lalu menuju Malino.

Saat tiba di lokasi, sekitar Pukul 11.00 Wita, Calon Wakil Presiden 2024 langsung disambut peserta dan dipasangkan Passapu berwarna hijau dikepala.

Sespim Perubahan PKB zona VII diikuti 298 perserta dan dilaksanakan mulai 19-21 September 2024 ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para anggota DPRD kabupaten kota, provinsi dan pusat serta para pemimpin PKB dari wilayah Sulawesi dan Papua.

Menurut Cak Imin, salahsatu tantangan PKB ke depan, sama dengan tantangan partai lain yaitu membangun kepercayaan. Karena kepercayaan masyarakat kepada partai kepada legislatif itu mengalami dinamika dan penurunan sehingga menjadi tantangan untuk dicari solusi.

“Paling tidak para pengurus perangkat PKB para legislator PKB para menteri PKB para orang-orang yang ada di pemerintahan juga harus memiliki kapasitas kualitas yang memadai,” ujar Gus Imin.

Sespim ini bukan akhir, tapi justru awal seluruh pemimpin PKB untuk terus mengasah kemampuan.

“Kedua integritas mentalitasnya harus baik, etikanya bagus yang ketiga tentu saja akuntabilitas, pertanggungjawaban harus ada dalam peran-peran politiknya,” lanjut Gus Imin.

Wakil Ketua DPR RI berharap hasil dari sekolah pemimpin perubahan memberikan nilai bagi para legislator PKB agar benar-benar aspiratif membawa kemanfaatan bagi konstituen masyarakat bangsa dan negara.

“Saya berharap melalui Sespim ini kapasitas, integritas dan akuntabilitas pemimpin PKB bisa lebih kuat lagi. Tentu ketiganya bukan datang tiba-tiba, tapi butuh proses melatih diri menghadapi tantangan. Karena itu, mari kita tunjukkan kepada Indonesia kalau kita bisa berperan, kita bisa menjadi solusi bangsa,” ucapnya.

Pengurus Harian DPP Dari Gen Z Hadir Lengkap di Sespim

Ketujuh pengurus harian DPP PKB yang ditunjuk oleh Ketum Cak Imin hadir di SPP Zona VII di Malino. Mereka diantaranya Ais Shafiyah Asfar (23 tahun)
merupakan Ketua harian DPP PKB.
Ais Shafiyah juga merupakan anggota DPRD Kota Surabaya yang terpilih pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 lalu.

Lalu enam lainnya, sebagai wakil ketua harian. Antara lain Najmi Mumtaza Rabbani (27), Riezal Ilham Pratama (26), Gielbran Muhammad Noor, Nadya Alfi Roihana (28), Muhammad Aji Pratama (24), serta Lukman Maulana (29).

“Ini harus diberi kesempatan dan ruang yang luas untuk berbakti terutama yang punya kemauan di politik. Registrasi politik memang tidak bisa dihilangkan harus dilaksanakan salah satunya adalah membawa partai ini terbuka inklusif bagi kalangan muda sehingga bisa nyambung connecting dengan apa yang menjadi harapan kaum muda,” jelas Gus Imin menjawab alasan memilih gen z atau anak muda di pengurus harian.

Lanjutnya, karena kita-kita ini kita yang sudah tua tentu harus tahu diri bahwa kadang-kadang bahasa politik kita tidak nyambung dengan yang menjadi bahasa politik kaum muda.

“Nah tugas Ais dan wakil-wakilnya itu untuk menyambungkan partai ini dengan kaum muda. Kaum mudah harus terlibat dan disiapkan menjadi negarawan negarawan yang siap memimpin pemerintahan,” pungkasnya.

Exit mobile version