Site icon KABARIKA

DPR Soroti Konsumsi Makanan Atlet PON 2024

KABARIKA.ID, JAKARTA — Anggota Komisi X DPR RI Rosiyati MH Thamrin menyatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut.

Di antaranya terkait masalah konsumsi makanan bagi para atlet serta persoalan kesiapan sarana dan prasarana venue yang digunakan selama penyelenggaraan PON XXI.

“Kita bersyukur bahwa penyelenggaraan PON ini telah selesai dan akan ditutup pada malam hari ini. Ada beberapa hal yang kita perlu evaluasi. Pertama, yaitu mengenai makanan untuk para atlet. Seperti kita ketahui, setiap atlet memerlukan asupan makanan dengan kandungan nutrisi yang baik dan seimbang,” ungkap Rosi dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (20/9/2024).

Hal lain yang juga menjadi sorotan Komisi X dari pelaksanaan PON XXI, lanjut Rosi, yakni mengenai kondisi venue acara yang masih belum rampung sepenuhnya.

“Kondisi beberapa venue masih ada yang belum selesai. Bulan Agustus lalu kita ke sana dan memang gedung olahraganya itu masih belum selesai, baru separuhnya. Kita sempat meeting waktu itu dan dari pihak kontraktor menyanggupi bahwa dia akan melaksanakan pekerjaan ini tepat pada waktunya dengan mengandalkan tenaga pekerjanya secara full 1×24 jam terbagi dalam tiga shift. Saya bilang yang penting bisa dipakai, tapi ternyata masih banyak yang belum terealisasi,” jelasnya.

Ia berharap, penyelenggaraan PON XXI ini dapat dijadikan pembelajaran bagi pelaksanaan PON kedepannya agar tidak terulang lagi persoalan yang sama seperti yang terjadi pada tahun ini.

“Kita berharap PON ini menjadi evaluasi bagi PON – PON berikutnya. Sama dengan PON Papua lalu, kebetulan saya lama di Papua dan tempat tinggal saya menjadikan tempat Pusat KONI Kalsel pada waktu itu, di sana juga setelah selesainya PON ada hal-hal juga yang menjadi PR daripada Menpora. Ada permasalahan pembayaran, ada banyak sekali venue-venue yang terlantar dan itu semua memakai uang negara. Jadi saya berharap dalam melaksanakan PON kedepannya betul-betul kita melihat dengan seksama. Mungkin tidak usah lagi membangun gedung olahraga yang megah-megah dan setelah selesai PON venue-nya itu tidak terpakai lagi,” tutur Rosi.

Menurutnya, lebih baik jika memanfaatkan venue-venue yang sudah ada dan tidak lagi membangun baru prasarana yang lebih besar tapi cukup dengan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan. Sehingga penyelenggaraannya tidak memerlukan biaya yang terlalu besar.

“Kalau kita membangun (venue) lagi, kita memerlukan biaya yang besar. Sedangkan kondisi negara kita masih banyak hal-hal yang perlu kita perhatikan, seperti masalah pendidikan dan wajib belajar. Ini semua membutuhkan anggaran dan memang itulah yang perlu kita perhatikan. Intinya, PON ini akan kita evaluasi, sehingga PON kedepannya tidak lagi terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan dan membuat masyarakat kecewa,” tutup Rosi.

Exit mobile version