KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sebanyak 84 dari 85 anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2024-2029 dilantik pada Selasa (24/9/2024) di Ruang Paripurna DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Acara ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Sulsel dan perwakilan dari berbagai partai politik.

Satu anggota DPRD terpilih, Hamsyah Ahmad dari PPP, tidak ikut dilantik karena tersangkut kasus korupsi yang masih menunggu keputusan hukum tetap (inkrah).

Pada rapat paripurna tersebut, legislator Partai NasDem sekaligus Ketua DPC NasDem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi atau akrab disapa Cicu, ditunjuk sebagai Ketua Sementara DPRD Sulsel.

Ini menjadi momen bersejarah, karena NasDem berhasil mematahkan dominasi Partai Golkar yang selama ini selalu unggul di Sulsel.

NasDem mendapatkan 17 kursi, mengungguli Golkar dengan 14 kursi, Gerindra 13 kursi, serta PPP dan PKB masing-masing 8 kursi.

Sekjen DPP NasDem, Hermawi Taslim, hadir dalam pelantikan anggota DPRD Sulsel, termasuk pelantikan Andi Rachmatika Dewi sebagai Ketua DPRD. Hadir pula Fatmawati Rusdi, calon Wakil Gubernur Sulsel dari NasDem, dan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse.

Fatmawati menyampaikan harapannya agar Cicu, yang berpengalaman tiga periode sebagai anggota DPRD Sulsel, dapat mengawal pembangunan Sulsel dengan baik. Cicu juga mendapat sambutan meriah dari ratusan kader NasDem yang mengaraknya ke gedung DPRD Sulsel dengan diiringi musik tanjidor.

“Kegembiraan ini merupakan bentuk dukungan dari kader NasDem untuk pemimpin perempuan muda dan cerdas seperti Cicu,” tandas Fatmawati. (*)