KABARIKA.ID, PAMBOANG — Program kerja merupakan peta jalan yang akan mendinamisasi gerak organisasi dalam mencapai tujuan melalui kerja dan prestasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) periode 2023-2027, hari ini, Jumat (21/09/2024) dijadwalkan menggelar rapat kerja (Raker) selama dua hari, bertempat di aula rumah makan Dapur Mandar, Pamboang, Kabupaten Majene.

Sesuai jadwal yang telah disusun oleh pantia, Raker akan dibuka oleh Ketua IKA Unhas Sulbar, Dr. Muhammad Idris, M.Si, pada Jumat (21/09/2024) pukul 20.00 WITA. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan rancangan program kerja dari masing-masing bidang.

Rangkaian Raker hari pertama akan diakhiri dengan perumusan dan penetapan program kerja selama periode kepengurusan empat tahun ke depan, hingga 2027.

Ketua IKA Unhas Sulbar, Dr. Muhammad Idris, M.Si menandatangani naskah pelantikan pengurus IKA Unhas Sulbar periode 2023-2027, disaksikan oleh Sekjen IKA Unhas, Prof Yusran Jusuf, Minggu (18/02/2024) di aula kantor Gubernur Sulbar, Mamuju. (Foto: M.Ruslan/kabarika)

Raker ini dilaksanakan sekitar tujuh bulan setelah pelantikan. Pengurus IKA Unhas Sulbar periode 2023-2027 dilantik oleh Sekjen IKA Unhas, Prof Yusran Jusuf pada 18 Februari 2024 silam.

Berlayar dengan perahu Sandeq

Pada hari kedua Raker, Sabtu (28/09/2024) akan diawali dengan kegiatan kultural-historis, yakni mengarungi laut pesisir Majene menggunakan perahu khas Mandar yang disebut Sandeq.

Pelayaran dimulai dari pantai indah yang ada di depa rumah makan Dapur Mandar dan menyusuri pesisir pantai di Pamboang, Majene.

Untuk kegiatan ini, panitia telah menyiapkan lima unit perahu Sandeq yang akan membawa para peserta Raker merasakan sensasi berlayar, sambil merekonstruksi spirit dan pengetahuan lokal suku bangsa Mandar sebagai pelaut ulung.

Simbolisasi IKA Unhas Sulbar siap berlayar mengarungi samudera pengabdian demi kemajuan Sulbar. (Gambar: panitia)

Bagi suku bangsa Mandar, fungsi utama Sandeq adalah perahu nelayan dan perahu penangkap ikan, meskipun hampir setiap tahun perahu ini digunakan sebagai alat perlombaan yang lazim disebut sebagai Sandeq race.

Ajang adu kecepatan perahu ini mengandalkan ketangkatasan awak dalam menyeimbangkan kecepatan angin dan layar perahu.

Perahu Sandeq yang merupakan spirit lokal tersebut, bukan hanya merupakan pengetahuan lokal (local knowledge) materi fisik budaya, melainkan juga menjadi kearifan lokal (local wisdom) yang sarat pesan nilai, dan bahkan menjadi rujukan etika dan perilaku masyarakat Mandar di Sulbar.

Kegiatan Bakti Sosial

Telah menjadi tradisi luhur di kalangan pengurus IKA Unhas Sulbar menebar kebaikan melalui kegiatan bakti sosial.

Agenda rangkaian Raker selanjutnya pada hari kedua setelah berlayar, adalah pembagian paket natura berupa Sembako kepada warga kurang mampu di kota Majene dan sekitarnya.

Penetapan program kerja melalui Raker akan menjadi titik start bagi pengurus IKA Unhas Sulbar dalam melebarkan sayap pengabdian melalui kerja kolaboratif, agar kontribusi IKA Unhas Sulbar dalam berbagai lini pembangunan di Sulbar semakin nyata dan bermanfaat.

Selamat melaksanakan Raker, layarkan cita-cita seluas samudera dan tuncapkan pengabdian IKA Unhas Sulbar demi kejayaan nusa dan bangsa, khususnya di Tanah Mandar. (rus)