KABARIKA.ID, JAKARTA–Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran) menjenguk Direktyr Jenderal Peternakan dan Kesehatan  (PKH) di RS Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Agung Suganda terkena serangan jantung ketika sedang menjalankan tugas di Yogyakarta.

Mentan sendiri baru tiba dari Kalimantan Tengah dan pagi ini  menjadi pembicara pada Rakernas Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di hotel intercontinental Pondok Indah.

Acara ini mengusung tema “PSMTI Siap Mendukung Indonesia Emas di Bidang Ketahanan Pangan, Makanan Bergizi dan Stunting”.

Sepulang dari acara tersebut, Mentan Amran langsung menyempatkan mengunjungi Dirjen PKH Agung Suganda yang diordervasi pemulihan setelah operasi.

Agung sendiri diangkat menjadi Dirjen PKH Agustus lalu atau mendekati dua bulan sejak pengambilan sumpah jabatan.

Ia dikenal sebagai sosok pekerja keras, sangat sopan dan ramah.

Mentan Amran sangat “terpukul” dan prihatin mendengar berita bahwa saat ini Agung sedang dirawat di RS Pondok Indah.

Begitu selesai acara PSMTI yang juga dihadiri Hasyim Djojohadikusumo, Amran segera menjenguk Dirjennya itu.

Mentan Amran dikenal sebagai seorang filiantropi yang juga sangat perhatian pada jajaran di bawahnya.

Dirinya menerapkan hal ini sesuai  dengan ajaran Islam sebagaimana dalam hadist Nabi Muhammad SAW.

“Hak muslim atas muslim yang lain yaitu apabila dia sakit maka jenguklah”. Prilaku yang tepat menjadi contoh kita semua dan bagi anak-anak milenial saat ini.

Saat di RS, Amran terlihat mendoakan semoga Dirjen PKH diberi kesembuhan oleh Allah SWT dan dapat menjalankan tugasnya kembali seperti semula.

Mentan Amran hadir di RS Pondok Indah ditemani tiga tenaga ahli menteri pertanian dan Kabag protokoler.

Baru Dilantik

Agung Suganda baru saja dilantik dan dikukuhkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan).

Pria kelahiran Indramayu pada 25 November 1976 ini menggantikan Nasrullah, yang kini menduduki posisi sebagai Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional.

Dia memulai perjalanan akademisnya dengan mengukir prestasi di bidang kedokteran hewan.
Agung meraih gelar Sarjana Kedokteran Hewan dari IPB University pada tahun 1998.

Setelah menyelesaikan studi sarjana, dia melanjutkan pendidikannya di institusi yang sama dan memperoleh gelar Dokter Hewan pada tahun 2000.

Keinginannya untuk mendalami lebih jauh aspek kesehatan masyarakat veteriner membawanya meraih gelar Master Kesehatan Masyarakat Veteriner dari IPB University pada tahun 2006.

Terakhir, dia menyelesaikan studi Doktor di bidang Studi Pembangunan di Universitas Hasanuddin pada tahun 2024.

Sebelum dilantik sebagai Dirjen PKH, dia menjabat sebagai Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak di Direktorat Jenderal (Ditjen) PKH dari tahun 2022. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) dari 2018 hingga 2021.

Selama periode yang sama, dia juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari dan Balai Besar Penelitian Veteriner (BBVet) Denpasar pada tahun 2020.

Kita doakan semoga Allah mengangkat penyakit dalam tubuh pak dirjen peternakan dan disehatkan tubuhnya agar dapat beraktivitas kembali seperti sebelumnya. Amin ya rabbal alamin