Site icon KABARIKA

Karya Bakti TNI Bersihkan Kanal di Jalan Andi Djemma

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Tentara Nasional Indonesia Angtan Darat (TNI AD), dari Komando Distrik Militer (Kodim) 1408/Makassar mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersih-bersih lingkungan.

Selasa (8/10/2024), bersama Pemerintah Kota Makassar dan jajarannya, seperti tenaga kebersihan, Damkar, Satpol PP dan perangkat lainnya untuk membersihkan kanal di Jalan Andi Djemma, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Staf Kodim 1408 Makassar Letkol Kadir Tangdiesak mengatakan, kegiatan ini, masih rangkaian peringatan HUT TNI ke-79 tahun, untuk mewujudkan Makassar sebagai kota yang bersih.

Karya Bakti Dalam Rangka HUT TNI ke-79 ini, jadi satu rangkaian. “Banyak kegiatan lain yang digelar, selain bakti sosial berupa donor darah, juga pengobatan gratis, pemberian bantuan kepada masyarakat, pembersihan lingkungan termasuk kanal, penanaman pohon dan lainnya,” kata Kadir.

Itu semua bertujuan untuk memupuk kekompakan dan komunikasi kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan humanis dan lingkungan ini.

“Ini bukti bahwa TNI hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka memberikan kontribusinya,” lanjut Kadir.

Kanal dipilih lantaran mengingat musim hujan yang sudah dekat. Biasanya banyak tumpukan sampah di kanal sehingga harus diangkut agar tidak menyumbat aliran air.

Dia berharap Kota Makassar makin indah, dan masyarakat menjadi sehat. Maju dari aspek kebersihan, dan peduli terhadap lingkungannya sendiri.

Camat Mamajang Andi Irdan Pandita juga mengapresiasi kegiatan bersih-bersih lingkungan itu. Dia mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan juga kanal tersebut.

“Mari bersama membersihkan kanal agar tidak tersumbat. Jadikan momentum ini untuk menjaga alam agar terhindar dari banjir,” ajaknya.

Karya bakti berlangsung sekira pukul 7.30 WITA hingga pukul 08.00 lebih. Belasan truk sampah, Viar roda tiga juga dilibatkan mengangkut sampah-sampah dari kanal itu. (*)

Exit mobile version