KÀBARIKA.ID, GOWA–Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menargetkan swasembada pangan terwujud paling lambat selama 3 tahun, melalui pertanian modern yang melibatkan para petani muda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sudah 11 bulan kami keliling Indonesia untuk memastikan pangan kita aman, mimpi kita paling lambat 3 tahun kedepan indonesia akan swasembada pangan. Bahkan, kita akan menjadi lumbung pangan dunia nantinya,” ujarnya saat mengunjungi Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (11/10/2024).

Ia menuturkan, peran petani muda sangatlah penting dalam mendorong swasembada pangan di Indonesia.

Dengan demikian, Amran menghibahkan berbagai macam alat pertanian modern untuk para petani generasi milenial dan Z tersebut, yang ditargetkan berjumlah 50.000 orang.

“Kami menyiapkan untuk generasi milenial, generasi Z akan turun ke lapangan, gunakan teknologi tinggi mesin pertanian. Kemudian milenial minimal berpendapatan 10juta/bulan,” imbuhnya.

“Kami target 50.000 orang generasi milenial, kami hibahkan peralatan untuk mereka, kemudian dia bekerja dengan menggunakan teknologi tinggi membantu petani kita,” tambahnya.

Adapun, kata dia, langkah menuju pertanian modern sudah berjalan dan berbagai bibit unggul maupun pompanisasi pun telah digencarkan di berbagai daerah di Tanah Air.