KABARIKA.ID, JAKARTA – Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menyiapkan 7 ribu personelnya terkait pengamanan saat pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan wakilnya Gibran Rakabuming.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pihak kepolisian telah melangsungkan apel gelar pasukan terkait kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakilnya yang digelar di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, 14 Oktober 2024.

Hadir dalam acara apel gelar pasukan tersebut Presiden Jokowi yang didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo memastikan kesiapan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya saat pelantikan presiden dan wakil presiden RI terpilih.

“Total ada 7 ribu personel pasukan (pengamanan pelantikan),” ungkap Irjen Dedi Prasetyo, 11 Oktober pada awak media.

Adapun 7 ribu personel tersebut terdiri dari 14 batalyon satuan kerja Polri, yang terdiri dari Korbrimob Polri, Bareskrim, Baharkam, Korlantas, Densus 88, Divisi Hubungan Internasional, dan Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri.

Tidak hanya itu, turut dilibatkan pula pasukan dari Polwan, pasukan dari Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri (Akpol), Setukpa, dan PTIK.

Diketahui, Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Wakilnya Gibran Rakabuming, dijadwalkan dilantik pada 20 Oktober 2024, di Gedung DPR/MPR RI, Senayan Jakarta, acara tersebut turut mengundang sejumlah tokoh nasional termasuk mantan capres dan cawapres di Pilpres 2024 lalu.