KABARIKA.ID, MAKASSAR — Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.B.M.M., Subsp.Ortogmat-D (K) dilantik sebagai Ketua Kolegium Bedah Mulut dan Maksilofasial serta Anggota Kolegium Kesehatan Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelantikan berlangsung di Gedung Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin (14/10/2024).

Pelantikan Prof. Muhammad Ruslin pada posisi strategis ini sudah pasti membanggakan Unhas.

Seperti diketahui, Prof. Muhammad Ruslin pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas dan Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas.

Kolegium Bedah Mulut dan Maksilofasial merupakan organisasi yang bertanggung jawab untuk evaluasi dan ujian, pengembangan kompetensi, merumuskan mutu dan standar kompetensi, merumuskan kurikulum pendidikan, keanggotaan dan kerja sama serta mengawasi penyelenggaraan pendidikan spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial di Indonesia.

Prof. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.B.M.M., Subsp.Ortogmat-D(K) pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas dan Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas. (Foto: Humas Unhas)

Sebagai Ketua Kolegium Bedah Mulut dan Maksilofasial yang kedua kalinya, ia akan memimpin upaya pengembangan kompetensi dan pendidikan spesialis di bidang ini di seluruh Indonesia sehingga bisa bersaing secara global.

Selain itu, sebagai anggota Kolegium Kesehatan Indonesia, Prof. Muhammad Ruslin juga akan berperan aktif dalam kolaborasi antardisiplin ilmu kesehatan untuk mengembangkan kebijakan strategis yang berdampak pada peningkatan mutu layanan kesehatan nasional.

Terpilihnya Prof Muhammad Ruslin dalam posisi tersebut menjadi bukti nyata kontribusi Unhas dalam mendukung kemajuan pendidikan kedokteran dan kesehatan nasional.

“Kolegium bedah mulut dan maksilofasial ini diharapkan dapat memperkuat profesionalisme serta standar kualitas tenaga medis Indonesia, khususnya di bidang bedah mulut dan maksilofasial,” ujar Prof Muhammad Ruslin saat dihubungi Humas Unhas, Selasa (15/10/2024). (*/mr)