KABARIKA.ID, MAKASSAR — Jumlah Guru Besar Unhas Universitas Hasanuddin (Unhas) bertambah lagi empat orang setelah upacara penerimaan jabatan profesor melalui Rapat Paripurna Senat Akademik Unhas yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Senat Akademik Unhas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Guru besar baru tersebut berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Budaya.

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Unhas, Prof Dr. Bahruddin Thalib, drg., M.Kes, Sp.Pros(K), Selasa (15/10/2024) di Ruang Senat Akademik Unhas, Gedung Rektorat lantai 2, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Setelah empat guru besar tersebut menyampaikan pidato penerimaan jabatan guru besar, kemudian dilanjutkan dengan proses pengukuhan yang dipimpin oleh ketua dewan Profesor Unhas, Prof Dr. Andi Pangerang Moenta, SH, MH, DFM.

Salam sambutannya, Prof Andi Pangerang mengatakan bahwa dalam prosesi pengukuhan guru besar kali ini, ada dua hal yang berbeda dibanding sebelum-sebelumnya.

Ketua Dewan Profesor Unhas Prof Dr. Andi Pangerang Moenta, SH, MH, DFM memberi sambutan pada Rapat Paripurna Senat Akademik dalam rangka penerimaan jabatan profesor, Selasa (15/10/2024) di Ruang Senat Akademik Unhas, Gedung Rektorat lantai 2, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: tangkapan layar YouTube Senat Akademik Unhas)

Pertama, pemakaian toga baru. “Kita semua pakai toga baru hari ini. Jadi berbahagialah guru besar yang pengukuhannya disambut dengan toga baru,” ujar Prof Andi Pangerang.

Kedua, adalah penggunaan alarm. “Hari ini kita menggunakan alarm. Dulu-dulunya tidak ada, hanya diingatkan dari meja pimpinan sidang,” kata Prof Andi Pangerang.

Ia juga menyampaikan jumlah guru besar Unhas yang hingga saat ini telah mencapai angka 396 orang. Yang telah melalui pengukuhan sebanyak 307 orang.

Menurut Prof Andi Pangerang, jika dibandingkan dengan jumlah dosen di Indonesia, maka Unhas memiliki jumlah guru besar terbanyak.

Proses pengukuhan empat guru besar Unhas itu dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., Ketua, Sekretaris, dan Anggota Majelis Wali Amanat, anggota Senat Akademik, Dewan Profesor, tamu undangan, serta keluarga besar dari guru besar yang dikukuhkan.

Adapun empat profesor baru yang dikukuhkan adalah:

1. Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum., Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Teoretis Morfologi, Fakultas Ilmu Budaya, dengan nomor keanggotaan 528.

2. Prof. Dr. Ir. Sitti Nur Faridah, M.P., Guru Besar Bidang Ilmu Hidrologi Fakultas Pertanian, dengan nomor keanggotaan 529.
3. Prof. Dr. Syamsuddin, S.E., M.Si., AK., CA., C.R.P., Guru Besar Bidang Ilmu Auditing Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan nomor keanggotaan 530.

4. Prof. Dr. Ir. Fachirah Ulfa, M.P., Guru Besar Bidang Ilmu Hortikultura Fakultas Pertanian, dengan nomor keanggotaan 531.

Rektor Unhas, Prof. JJ dalam sambutannya menyampaikan selamat atas penambahan guru besar Unhas.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc saat memberi sambutan pada Rapat Paripurna Senat Akademik dalam rangka penerimaan jabatan profesor, Selasa (15/10/2024) di Ruang Senat Akademik Unhas, Gedung Rektorat lantai 2, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar. (Foto: tangkapan layar YouTube Senat Akademik Unhas)

Menurutnya, ini menunjukkan pencapaian serta kebanggaan terhadap peningkatan kapasitas dan kualitas mutu pembelajaran.

“Diharapkan keilmuannya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas. Tidak hanya itu, penambahan guru besar Unhas juga menjadi sebuah motivasi, sekaligus pembuktian bahwa Unhas sebagai salah satu kampus terbaik dalam proses akademik,” jelas Prof JJ.

Prof. JJ menegaskan pentingnya penerapan ilmu yang bersifat interdisiplin karena saat ini permasalahan semakin kompleks, dan memerlukan solusi yang tidak sederhana, harus komprehensif melalui hasil analisis dari berbagai dimensi keilmuan. (*/mr)