KABARIKA.ID, JAKARTA – Sebanyak 33 Kepala Negara dijadwalkan hadir menyaksikan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih, Prabowo-Gibran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sebanyak 33 Kepala Negara akan menghadiri acara pelantikan Prabowo-Gibran yang akan digelar di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, 20 Oktober 2024.

Kabar tersebut disampaikan oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani usai gladi bersih, 19 Oktober 2024.

“Kepala Negara dan setingkat Kepala Negara yang sudah dinyatakan hadir kurang lebih sekitar 33 negara ASEAN, negara sahabat, dan negara-negara mitra ASEAN,” ungkap Ketua MPR RI Ahmad Muzani pada wartawan, di Senayan, Jakarta.

Menurutnya, jumlah cukup besar tersebut menjadi sebuah penghormatan yang besar bagi negara Indonesia.

“Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita,” lanjutnya.

Selain 33 Kepala Negara, acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih juga akan disaksikan oleh banyak pejabat tinggi di tanah air.

Turut diundang pula para mantan capres dan cawapres di Pilpres 2024, yang merupakan rival dari Prabowo Gibran.

MPR RI juga telah menyampaikan surat undangannya pada mantan Presiden dan Wakil Presiden RI sebelumnya, seperti Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, Try Soetrisno, Budiono, Jusuf Kalla, termasuk Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Akan dihadiri banyak Kepala Negara, mantan dan pejabat tinggi Indonesia, acara pelantikan Prabowo-Gibran mendapat pengamanan yang sangat ketat dari pihak Polri dan TNI.