Site icon KABARIKA

Luar Biasa, UNHAS Juara Umum Pimnas 37 di Surabaya

KABARIKA.ID, SURABAYA – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 Tahun 2024, yang digelar di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, resmi ditutup, Jumat (18/10/2024) malam, dan Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi juara umum.

UNHAS pun dianugerahi Piala Adikarta Kertawidya yang diserahkan langsung Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti, kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof Muhammad Ruslin, setelah menyabet 19 medaliterdiri dari 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi.

Tidak hanya itu, tim UNHAS juga berhasil meraih 1 gelar juara favorit pada kategori poster, serta 3 mahasiswa UNHAS memperoleh penghargaan individu sebagai mahasiswa bertalenta. “Ini jadi suatu kebanggaan, dan prestasi luar biasa. Lantaran tahun lalu, kita hanya peringkat ke-7,” sebut Prof Ruslin.

Menurutnya, kemenangan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim dan dukungan penuh dari Universitas Hasanuddin. Pencapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa UNHAS tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang unggul, tetapi juga kreativitas dan inovasi yang luar biasa.

“Kami sangat bangga dan berharap prestasi ini dapat terus memotivasi seluruh civitas akademika untuk berkontribusi lebih besar lagi di ajang nasional maupun internasional,” lanjut Prof Ruslin.

Pimnas 37 yang digelar 14-19 Oktober 2024, diikuti oleh 528 tim dari 118 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pada Pimnas 37 ini UNHAS berhasil meloloskan 38 tim PKM dengan jumlah mahasiswa 187 orang.

“Unhas telah memiliki track record yang baik Pimnas dengan penambahan perolehan medali dari tahun ke tahun. Tahun ini, menjadi pencapaian luar biasa bagi Unhas dengan menyabet gelar juara umum,” tandas Prof Ruslin.

Berikut perolehan penghargaan Tim Unhas pada Pimnas 37:

Penghargaan Mahasiswa Bertalenta: 3 orang

Kategori Poster
Medali Perunggu: 1
Medali Perak: 3
Medali Emas: 3
Juara Favorit: 1

Kategori Presentasi
Medali Perunggu: 3
Medali Perak: 3
Medali Emas: 6. (*)

Exit mobile version