KABARIKA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) unjuk kebolehan dengan meraih predik juara umum dalam perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 Tahun 2024 di Surabaya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pimnas ke-37 yang berlangsung di Universitas Airlangga, Surabaya, pada 14-19 Oktober 2024, diikuti 528 tim dari 118 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Dengan pencapaian ini, Unhas semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam hal pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa.

Atas prestasi tersebut, Unhas dianugerahi Penghargaan Piala Adikarta Kertawidya yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Ir. Suharti, MA, Ph.D, kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), pada malam penutupan dan penganugerahan Pimnas ke-37 yang berlangsung pada Jumat (18/10/2024) di Universitas Airlangga, Surabaya.

Sekjen Kemendikbudristek Ir. Suharti, MA, Ph.D. menyerahkan Piala Adikarta Kertawidya kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), pada malam penutupan dan penganugerahan Pimnas ke-37, Jumat (18/10/2024) di Universitas Airlangga, Surabaya. (Foto: Humas Unhas)

Pada ajang bergengsi ini, Unhas meraih total 19 medali, terdiri dari 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu untuk kategori poster dan presentasi.

Bukan hanya itu, tim Unhas juga berhasil meraih 1 gelar juara favorit pada kategori poster, serta 3 mahasiswa Unhas memperoleh penghargaan individu sebagai Mahasiswa Bertalenta.

Prof. Ruslin menyampaikan rasa bangganya atas prestasi luar biasa ini. Pada 2023, Unhas berada di peringkat ke-7 nasional dan tahun 2024 bisa meraih juara umum.

“Kemenangan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim dan dukungan penuh dari Universitas Hasanuddin. Pencapaian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Unhas tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang unggul, tetapi juga kreativitas dan inovasi yang luar biasa. Kami sangat bangga dan berharap prestasi ini dapat terus memotivasi seluruh civitas akademika untuk berkontribusi lebih besar lagi di ajang nasional maupun internasional,” ujar Prof. Ruslin.

Pada Pimnas ke-37 ini Unhas berhasil meloloskan 38 tim PKM dengan jumlah mahasiswa 187 orang.

Unhas telah memiliki track record yang baik di Pimnas dengan penambahan perolehan medali dari tahun ke tahun. Tahun ini, menjadi pencapaian luar biasa bagi Unhas dengan menyabet gelar juara umum.

Berikut perolehan penghargaan Tim Unhas pada Pimnas ke-37:

Penghargaan Mahasiswa Bertalenta: 3 orang

Kategori Poster
Medali Perunggu: 1
Medali Perak: 3
Medali Emas: 3
Juara Favorit: 1

Kategori Presentasi

Medali Perunggu: 3
Medali Perak: 3
Medali Emas: 6

Pimnas merupakan event tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. (*/mr)