KABARIKA.ID, JAKARTA–Joko Widodo dan keluarga meninggalkan Jakarta menuju Solo setelah mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Presiden Prabowo Subianto turut mengantarkan keberabgkatan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi ke Solo, Jawa Tengah melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Jokowi menumpamgi pesawat TNI Angkatan Udara saat pulang ke kampung halaman, Solo Jawa Tengah.

Selain Prabowo, sejumlah mantan menteri era Jokowi juga tampak menghadiri pelepasan Jokowi dan Iriana di Bandara Halim Perdanakusuma.

Menteri-menteri era Jokowi yang hadir di Halim di antaranya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Juga terlihat mengantar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setyadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto.

Saat tiba di Halim, Mentan Amran menunggu Jaksa Agung Sanitar Burhanuddin yang kendaraannya tiba di belakang Mentan Amran.

Keduanya lalu bersalaman dan masuk ruangan berbarengan.

Di Bandara, sejumlah anak Jokowi, di antaranya Kaesang Pangarep, Kahiyang Ayu dan menantunya Bobby Nasution juga terlihat menemani pelepasan.

Tak hanya itu, sejumlah masyarakat juga tampak menghadiri pelepasan Jokowi. Bahkan, Iriana Jokowi juga tampak menerima buket bunga.

Jalan menuju bandara juga dipenuhi spanduk pendukung Jokowi, umbul-umbul, bendara Projo dan massa yang berbaris membentang spanduk selamat jalan.

Menuju ke tangga pesawat, Jokowi didampingi Prabowo serta para mantan menteri.

Mampir sejenak foto bersama dan diabadikan seluruh media yang telah menunggu di bandara.

Di tangga pesawat, Jokowi dan Iriana melambaikan tangan dan hormat sebelum memasuki pesawat TNI AU yang akan mengantarnya ke Solo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo turut mendoakan Jokowi agar selalu diberi kesehatan.

“Kita mendoakan yang terbaik semuanya,” kata Prabowo.

Joko Widodo menjabat presiden dua periode yakni 2014, 2019 dan 2019-2024.

Setelah mengakhiri masa jabatannnya, ia memutuskan kembali ke Solo menjadi rakyat biasa.