KABARIKA.ID – Prabowo Subianto telah resmi dilantik menjadi Presiden RI berpasangan dengan wakilnya, Gibran Rakabuming.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mengucapkan sumpah di Gedung Nusantara DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, 20 Oktober 2024.

Usai mengucapkan sumpah, Prabowo Subianto menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden RI di depan banyak publik, termasuk para anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Dalam pidato pertamanya, Presiden RI tersebut menyinggung terkait tekadnya dalam pencegahan korupsi di tanah air hingga ungkapan kepedulian terhadap negara Palestina.

Menurutnya, ia melihat saat ini masih banyak praktik korupsi di tanah air yang dilakukan oknuk pejabat.

“Kita harus menghadapi kenyataan bahwa masih terlalu banyak kebocoran, penyelewengan, korupsi di negara kita,” ujarnya.

“Kita harus berani mengakui terlalu banyak kebocoran-kebocoran dari anggaran kita, penyimpangan-penyimpangan, kolusi di antara para pejabat politik pejabat pemerintah di semua tingkatan,” lanjutnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan Prabowo-Gibran di Senayan Jakarta sejumlah mantan Presiden dan Wakil Presiden RI di antaranya Soesilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Boediono, Try Sutrisno.

Sementara mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri dan juga mantan capres di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo, absen di acara pelantikan tersebut. (*)