Site icon KABARIKA

Guru Besar UNHAS Ini Apresiasi Demokrasi di Sulsel

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Banyak pencapaian yang diraih Provinsi Sulawesi Selatan di usianya yang ke-355 tahun. Terlebih selama perhelatan politik panjang di tahun 2024, mulai dari Pemilihan anggota legislatif (Pileg), Pemilihan presiden (Pilpres) dan sekarang Pemilihan kepala daerah (Pilkada)

Sulsel pun dinilai mampu menghadirkan pesta demokrasi yang tertib, aman dan damai. Sehingga mendapat apresiasi dari Guru Besar Bidang Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar, Prof Aminuddin Syam.

“Ada banyak hal yang patut diapresiasi pada tahun ini, khususnya dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang berjalan aman, damai, dan lancar,” kata panelis debat terakhir calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilihan Presiden 2024 ini.

Menurutnya, Sulsel berhasil melalui ujian demokrasi secara baik setelah pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang tanpa hambatan dan gangguan yang berarti. Tentu ini disebabkan karena kesadaran seluruh komponen masyarakat Sulsel.

“Penjabat Gubernur Sulsel, Bapak Prof Zudan Arif Fakrulloh berhasil melaksanakan tugasnya dengan sangat baik, sehingga masyarakat merasa terakomodir aspirasinya,” ujar Aminuddin dikutip dari laman resmi Pemrov Sulsel, Senin (21/10/2024)

Pada perayaan HUT Sulsel tahun ini, lanjutnya, seluruh warga Sulsel tentunya kembali berharap proses Pilkada Serentak 2024, juga bisa dilalui dengan baik, sebagaimana Pilpres dan Pileg. Serta tidak dicederai dengan politik uang yang bisa merusak proses demokrasi.

“HUT Sulsel tahun ini menjadi momentum yang baik bagi para Penjabat Gubernur dan Bupati untuk memosisikan dirinya secara netral, sehingga bisa melahirkan kepala daerah yang bersih, berwibawa dan tidak mementingkan keluarga dan kelompoknya, sesuai tema HUT Sulsel, Sulsel Rumah Kita Untuk Semua,” tutup Aminuddin. (*)

 

Exit mobile version