Site icon KABARIKA

Bertemu dengan Wapres Han Zheng, Wapres Gibran Tegaskan Komitmen Kerja Sama Erat dengan Tiongkok

Pertemuan antara Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto dan Presiden RRT Xi Jinping, pada April 2024 di Beijing. (Foto: DW)

KABARIKA.ID, JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka mengawali tugasnya di hari pertama setelah dilantik, dengan menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Han Zheng, Senin (21/10/2024) di Istana Wapres, jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Wapres RRT Han Zheng pertama-tama menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wapres RI.

Dalam pembicaraan kedua Wapres itu, Wapres RI Gibran menegaskan bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran akan melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini antara Indonesia dan RRT.

“Yang jelas, pemerintahan Bapak Prabowo berkomitmen melanjutkan apa yang sudah berjalan selama ini. Terima kasih atas dukungannya, termasuk dalam pembangunan kereta cepat,” ujar Wapres Gibran.

Wapres RRT, Han Zheng merespons positif pernyataan Wapres RI tersebut, dan menyatakan keyakinannya bahwa hubungan kerja sama antara RRT dan Indonesia saat ini berada dalam posisi yang sangat baik.

“Kami juga yakin Pemerintah Indonesia yang baru akan melanjutkan tradisi persahabatan antara kedua negara,” kata Zheng.

Selain itu, Zheng juga menyampaikan bahwa setelah pertemuan antara Presiden Terpilih Prabowo dan Presiden Xi Jinping pada April lalu, Presiden Xi segera menindaklanjuti rencana kerja sama ke depannya dengan berbagai departemen terkait di RRT.

Wapres Han Zheng menyatakan optimismenya bahwa hubungan baik antara RRT dan Indonesia tidak hanya akan menguntungkan kedua negara, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kemakmuran regional dan internasional.

“Kerja sama ini tidak hanya menguntungkan rakyat kedua negara, tetapi juga akan berkontribusi pada kemakmuran regional maupun internasional,” tandas Zheng.
“Terima kasih, Yang Mulia. Kita perkuat terus persahabatan ini,” tandas Wapres Gibran.

75 Tahun Hubungan Diplomatik

Tahun depan, Indonesia dan RRT akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Wapres Gibran dan Wapres Han Zheng juga mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas SDM antarkedua negara.

Pada pertemuan tersebut, Wapres Gibran didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Deputi Bidang Administrasi, Sapto Harjono W. S.; Asdep Hubungan Luar Negeri, Lukman Hakim Siregar; dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri, Arifianto Sofiyanto.

Sementara Wapres Han Zheng didampingi oleh, Ambassador-designate of the People’s Republic of China to the Republic of Indonesia Wang Lutong; Vice Foreign Minister Sun Weidong; Vice Minister of Agriculture and Rural Affairs Zhang Xingwang; Deputy China International Trade Representative Li Yongjie; Vice Minister of Culture and Tourism Zhang Zheng; Secretary General NDRC Wu Hao; Chief of Research Office, General Office of Communist Party of China Central Committee Lin Longbin; Ambassador of MOFA Yu Hong; Deputy Director General of Information Department, MOFA, Hu Jian. (*/mr)

Exit mobile version