Site icon KABARIKA

Hari Kerja Pertama sebagai Presiden, Prabowo Terima Kunjungan PM Kepulauan Solomon dan Timor Leste

KABARIKA.ID, JAKARTA – Mengawali aktivitas di hari kerja pertama, Presiden RI Prabowo Subianto menerima kunjungan dua pemimpin negara sahabat, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Mereka adalah Perdana Menteri (PM) Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele, dan PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao.

Kunjungan ini menjadi bagian dari upaya memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara di kawasan Pasifik dan Asia Tenggara.

PM Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 17.00 WIB dan disambut oleh Presiden Prabowo di Ruang Kredensial.

Setelah menjalani sesi foto bersama, PM Manele kemudian menandatangani buku tamu kenegaraan sebagai pertanda kunjungan resmi.

Presiden Prabowo Subianto melakukan pembicaraan dengan PM Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele di Ruang Jepara Istana Merdeka, Senin (21/10/2024). (Foto: Setpres)

Usai pertemuan dengan PM Manele, Presiden Prabowo kemudian menyambut kedatangan PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao. Kedatangan PM Xanana disambut dengan prosesi serupa, yakni sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu negara.

Pertemuan Presiden Prabowo dengan kedua pemimpin negara sahabat itu, berlangsung di Ruang Jepara Istana Merdeka secara terbatas dan dihadiri oleh delegasi dari masing-masing negara.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Prabowo dan kedua PM membahas berbagai isu strategis, termasuk peningkatan kerja sama antarnegara.

Kunjungan kedua pemimpin negara tersebut merupakan langkah penting dalam mempererat hubungan diplomatik serta memperkuat kerja sama di berbagai bidang dengan pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Pertemuan itu juga mencerminkan komitmen Indonesia dalam memainkan peran strategis di kawasan, khususnya dalam upaya membangun sinergi dengan negara-negara tetangga di Pasifik dan Asia Tenggara. (*/mr)

Exit mobile version