KABARIKA.ID, GOWA– SP4N-LAPOR! memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Gowa, hal itu diperkuat dengan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Tim Pengelola SP4N-LAPOR! Kelurahan dan Sahabat LAPOR! yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (18/12).
Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan admin SP4N-LAPOR! Kelurahan dan Sahabat LAPOR! melalui simulasi prosedur pengelolaan kanal pengaduan masyarakat.
“Selain itu kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan kapasitas admin kelurahan dalam menjalankan proses bisnis pengelolaan pengaduan sesuai dengan SOP. Dari kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan tim dalam menindaklanjuti dan menyelesaikan laporan atau aduan dari masyarakat guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik,” ujarnya.
Arifuddin juga menjelaskan bahwa kegiatan ini menyasar tim pengelola SP4N-LAPOR! Kelurahan memiliki pemahaman dan keterampilan yang lebih baik dan mengoperasikan sistem pengaduan serta menindaklanjuti laporan masyarakat.
“Admin kelurahan memiliki kapasitas lebih baik dalam menjalankan proses bisnis pengelolaan pengaduan sesuai dengan SOP. Sasaran lainnya adalah meningkatkan kemampuan tim dalam Menindaklanjuti dan menyelesaikan laporan atau aduan dari masyarakat guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik,” tambahnya.
Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Andy Azis yang membuka langsung kegiatan ini mengatakan, SP4N-LAPOR! ini bukan saja menjadi kebutuhan pemerintah daerah, SP4N-LAPOR! ini menjadi suatu kebutuhan di Republik Indonesia.
Sehingga harus implementasikan di Kabupaten Gowa.
“Tentunya dalam pelaksanaannya iani bukan saja di tatanan Dinas Kominfo saja, melainkan bisa diimplementasikan di semua tatanan untuk bisa memahami terkait dengan adanya SP4N LAPOR! di Kabupaten Gowa,” tambahnya.
Menurutnya pintu gerbang adanya pelaporan masyarakat berada pada tingkat Kecamatan, Kelurahan dan desa. Sumber semua informasi berasal dari bawah, sehingga dinas Kominfo-SP Kabupaten Gowa perlu memberikan pemahaman dan penjelasan terkait dengan mekanisme Bagaimana tatanan dan SOP SP4N-LAPOR! yang dilaksanakan di Kabupaten Gowa.
“Kedepan masyarakat akan butuh tempat pengaduan masyarakat, butuh sentral pengaduan, kalau kita tidak siap maka yakin dan percaya semua tatanan penyelenggara pemerintah baik itu di tingkat kabupaten, kecamatan, desa, kelurahan menjadi bingung sendiri,” pesannya.
Dihadapan 64 orang peserta, Sekda Gowa berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh seluruh peserta, dirinya juga mengajak untuk menjadikan kesempatan ini sebagai ajang berbagi pengalaman dan pengetahuan serta memperkuat sinergi dalam pengelolaan pengaduan masyarakat.(*)