KABARIKA.ID – Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming. Dalam arahannya meminta agar program “Lapor Mas Wapres” dapat terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Gibran Rakabuming, dengan dikembangkannya program tersebut diharapkan birokrasi menjadi lebih cepat, akurat dan menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat.

Arahan dari Gibran tersebut disampaikan kembali oleh Plt Sekretaris Wakil Presiden, Al Muktabar, pada wartawan, 9 Juni 2025, di Jakarta.

“Pak Wapres minta agar program ini tidak stagnan, tapi terus diperbaiki dari waktu ke waktu,” ujar Muktabar.

“Penyempurnaan sistem dan prosedur sangat penting agar birokrasi bisa lebih cepat merespon, lebih akurat dalam menangani, dan lebih adaptif terhadap dinamika masyarakat,” sambungnya.

Diketahui, sejak diluncurkan pada bulan November 2024 lalu, program Lapor Mas Wapres telah menerima dan merespon 7.590 laporan masyarakat.

Laporan yang masuk tersebut dari berbagai sektor seperti keuangan, pendidikan, pertanahan hingga masalah bantuan sosial.

Umumnya, laporan masuk melalui nomor WhatsApp yang disediakan, karena langkah tersebut dinilai mudah untuk dilakukan oleh masyarakat.

Muktabar menjelaskan bahwa penanganan laporan dari program tersebut menjungjung akuntabilitas dan kepekaan terhadap pihak pelapor.

Penanganan laporan saat ini melibatkan kerja sama Setwapres dengan sejumlah lembaga seperti Kemensos, OJK, Kementerian ATR/BPN dan beberapa lainnya.

“Penanganan laporan harus menjungjung akuntabilitas dan kepekaan terhadap pelapor,” kata Plt Sekretaris Wapres tersebut menerangkan.

Muktabar menjelaskan bahwa Wapres Gibran Rakabuming dalam arahannya menegaskan bahwa program Lapor Mas Wapres adalah bagian dari Asta Cita pemerintahan Presiden Prabowo Subianto yang mendorong pemerintahan yang responsif, inklusif dan menjunjung prinsip good governance. (*)