KABARIKA.ID, BALIKPAPAN – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah momen krusial dalam kehidupan politik lokal di negara kita. Pada setiap siklus Pilkada, masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan mengelola wilayah mereka selama beberapa tahun ke depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam konteks demokrasi, Pilkada menjadi perwujudan dari kehendak rakyat dalam menentukan arah pembangunan dan kebijakan di tingkat lokal

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan semakin dekat, dan salah satu nama yang mendapat perhatian luas dari masyarakat adalah drg. H. Syukri Wahid, S.Kg.

Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin angkatan 1995 ini, maju sebagai calon Wakil Walikota nomor urut 3, mendampingi Muhammad Sabani yang kini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim.

Pria Kelahiran Pomalaa, 27 April 1976 ini dikenal sebagai seorang dokter gigi yang telah lama berkecimpung di dunia kesehatan. Setelah lulus dari fakultas kedokteran gigi, Syukri tidak hanya memiliki pengalaman di bidang medis, tetapi juga aktif di berbagai kegiatan sosial dan keagamaan di Balikpapan.

Dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman yang luas, mantan Wakil Ketua DPRD Balikpapan 2009-2014 ini bertekad untuk membawa perubahan di Balikpapan melalui pendekatan yang inklusif dan berkelanjutan.

Pada setiap momen kampanye, Syukri menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. Visi utamanya adalah mewujudkan Balikpapan sebagai kota yang ramah lingkungan, inovatif, dan sejahtera untuk semua lapisan masyarakat.

Sebagai seorang dokter, mantan Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Timur (2006-2015) dan Pengurus DPW Partai Gelora Kaltim (2023-sekarang) berkomitmen untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di Balikpapan, termasuk memperkuat layanan kesehatan primer dan memperluas cakupan jaminan kesehatan.

Syukri yang juga aktif di Kerukunan Keluarga Sulsel (KKSS) Balikpapan sebagai anggota Dewan Penasehat menekankan pentingnya pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua warga, dengan program beasiswa dan pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan generasi muda.

“Dibidang Pembangunan Infrastruktur, saya akan Mendorong pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan, untuk mengurangi dampak negatif terhadap alam dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,”ujarnya yang juga alumni SMAN 5 Makassar ini optimis.

Khusus untuk Pemberdayaan UMKM, Syukri menyatakan salah satu prioritasnya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dengan memberikan dukungan penuh kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program bantuan modal, pelatihan bisnis, dan akses pasar yang lebih luas.

Syukri Wahid mendapatkan banyak dukungan dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh masyarakat, pemuda, hingga pelaku usaha. Sebagian besar menilai Syukri sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat dan memiliki integritas yang tinggi.

Kemampuannya untuk mendengarkan dan mencari solusi atas permasalahan di lapangan membuatnya semakin dipercaya sebagai calon pemimpin yang diharapkan dapat membawa perubahan positif.

Dengan semangat dan komitmennya untuk membangun Balikpapan yang lebih baik, drg. H. Syukri Wahid, S.Kg diharapkan dapat menjadi pemimpin yang mampu menjawab tantangan-tantangan kota di masa depan.

Pilkada Kota Balikpapan akan menjadi momentum penting bagi warga untuk menentukan arah pembangunan kota ini. Dengan calon seperti drg. H. Syukri Wahid, masyarakat diharapkan dapat melihat pemimpin yang tidak hanya berpengalaman, tetapi juga memiliki komitmen tinggi terhadap kesejahteraan rakyat.***