Site icon KABARIKA

Presiden Prabowo Pimpin Upacara Parade Senja dan Penurunan Bendera di Bawah Guyuran Hujan Deras di Akmil

KABARIKA.ID, MAGELANG — Pada hari pertama kegiatan retreat jajaran Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo Subianto memimpin prosesi upacara Parade Senja di bawah guyuran hujan deras, Jumat sore (25/10/2024) di Lapangan Pancasila Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah.

Parade Senja ini dihadiri seluruh anggota Kabinet Merah Putih peserta retreat dengan mengenakan seragam loreng Komponen Cadangan (Komcad). Upacara juga diikuti 1.200 taruna Akmil dari empat matra.

Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 17.45 WIB, di depan Gedung Graha Utama. Gedung Graha Utama ini diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, pada 29 Januari 2024. Saat itu Presiden Jokowi didampingi oleh Menhan yang kini telah menjabat sebagai Presiden RI, Prabowo Subianto.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada inspektur upacara, Presiden RI Prabowo Subianto.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Sersan Mayor 1 Taruna (Sermatutar) Aldrian Ahmad Effendi. Adapun Perwira Upacara adalah Sermatutar Irfan Yuda.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Prabowo menegaskan, agenda retreat Kabinet Merah Putih ini bukan bermaksud militeristik.

“Ini merupakan ‘The Military Way’ guna menyelaraskan kedisiplinan dan kesetiaan pada bangsa dan negara,” tandas Presiden Prabowo.

Dalam pengarahannya, Presiden Prabowo menyampaikan kepada masing-masing Kementerian dan Lembaga untuk fokus dan komitmen bekerja mengentaskan kemiskinan, menyukseskan program Makan Bergizi Gratis, pemberantasan korupsi, serta swasembada pangan dan energi.

Setelah itu, Presiden Prabowo melakukan inspeksi pasukan menggunakan kendaraan maung. Presiden didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin.

Sementara itu, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka didampingi tiga Kepala Staf. Yaitu, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI M. Tonny Harjono.

Tampak pula sejumlah Menteri Koordinator juga naik kendaraan maung untuk melakukan inspeksi pasukan.

Di bawah guyuran hujan, Presiden Prabowo sesekali memberikan hormat.

Setelah itu, Kepala Negara memimpin acara mengheningkan cipta.

“Marilah kita mengenang arwah dan jasa para pahlawan yang telah berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan, kedaulatan, dan kehormatan bangsa Indonesia. Mengheningkan cipta dimulai…,” kata Presiden.

Rangkaian terakhir dari upacara Parade Senja adalah penurunan bendera. Pasukan penurun bendera adalah Sermatutar Prananda Aldi Saputra, Sermatutar Andriansyah, dan Brigadir Taruna Fatan, Taruna Akademi Kepolisian. (rus)

Exit mobile version