Site icon KABARIKA

Minum Satu Gelas Alkohol Sehari Tingkatkan Risiko 10 Jenis Kanker

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Orang yang menikmati minuman beralkohol sesekali, biasanya melakukannya dengan mengetahui bahwa itu tidak terlalu baik untuk kesehatan mereka.

Seperti halnya dengan banyak kebiasaan buruk lainnya, moderasi tampaknya menjadi kuncinya.

Namun, semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa dalam hal alkohol, mungkin tidak ada ambang batas ‘aman’ untuk konsumsi.

Sebuah tinjauan komprehensif baru menyoroti masalah kesehatan bahkan dari sedikit alkohol.

Dipimpin oleh tim dari Universitas Washington di Amerika Serikat (AS), penelitian ini menyelidiki hubungan antara minuman beralkohol dan 20 hasil kesehatan penting.

Konsumsi Alkohol Tingkatkan Risiko 10 Jenis Kanker

Temuan tentang kanker sangat penting, bahwa minum alkohol tampaknya meningkatkan risiko semua dari 10 jenis kanker yang dipelajari tim, meskipun kurang dari satu gelas sehari.

Konsumsi alkohol yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko dari 20 kondisi kesehatan yang dianalisis. Selain kanker, juga mencakup diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, penyakit jantung, dan infeksi pernapasan.

Penelitian ini meninjau 843 studi sebelumnya antara tahun 1963 dan 2023, dan memberikan peringkat 0 hingga 5 bintang untuk menilai kekuatan dan konsistensi hubungan antara alkohol dan setiap kondisi kesehatan, berdasarkan bukti yang tersedia.

“Ilmu pengetahuan tentang alkohol dan kesehatan benar-benar kompleks. Untuk kanker, buktinya konsisten dan tidak ambigu, yakni risiko meningkat dengan tingkat konsumsi alkohol apa pun,” papar ekonom kesehatan Emmanuela Gakidou dari Universitas Washington.

Studi yang ditinjau mencakup total 10 jenis kanker, hubungan berbahaya dengan alkohol ditemukan untuk semuanya.

Secara umum, tingkat konsumsi alkohol yang lebih tinggi berhubungan dengan risiko yang lebih tinggi.

Bahkan konsumsi rendah kurang dari satu gelas sehari pun, terkait dengan peningkatan kemungkinan terkena kanker faring, kolorektal, esofagus, payudara, hati, pankreas, dan prostat.

Penggunaan alkohol juga dikaitkan dengan risiko pankreatitis, sirosis, dan penyakit hati kronis lainnya yang lebih tinggi.

Terdapat juga hubungan, meskipun lebih lemah, antara minum alkohol dan infeksi saluran pernapasan bawah serta tuberkulosis.

Hubungan Alkohol dengan Kardiovaskular Belum Jelas

Dengan masalah kesehatan kardiovaskular, metabolik, dan neurologis, hubungan dengan alkohol kurang jelas.

Kondisi ini berada dalam kategori 2 bintang dan 1 bintang, tinjauan tersebut menemukan bahwa konsumsi alkohol rendah hingga sedang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terhadap hasil seperti diabetes tipe 2 dan Alzheimer.

Hubungan alkohol dengan kanker dapat ditonton dalam video ini.

Ini adalah bidang penelitian di mana sebelumnya kita telah melihat temuan yang bertentangan tentang apakah minum dalam jumlah sedang mungkin memberikan manfaat kesehatan. Studi lebih lanjut akan diperlukan untuk mengetahui dengan pasti.

“Untuk beberapa hasil kardiometabolik dan demensia, studi menunjukkan penurunan risiko kecil pada konsumsi rendah hingga sedang, tetapi asosiasi tersebut menjadi lebih lemah dan berbalik pada tingkat konsumsi yang lebih tinggi,” kata Gakidou.

Alih-alih menafsirkan hasil ini sebagai dukungan terhadap minum, hasil ini menyajikan peta kompleks tentang di mana bukti tersebut kuat, lemah, atau beragam.

Ada beberapa keterbatasan yang perlu dibahas. Kebiasaan minum dalam studi yang ditinjau dilaporkan sendiri, yang tidak selalu merupakan metode pengumpulan data yang paling andal, dan ada variasi besar di seluruh studi dalam hal berapa banyak faktor kontribusi lain (seperti diet dan kebiasaan merokok) yang dipertimbangkan.

Meskipun demikian, mengingat skala dan kelengkapan penelitian, ini adalah hasil yang patut diperhatikan.

Pendekatan analisis yang digunakan para peneliti di sini sebenarnya relatif konservatif, jadi mungkin saja minum alkohol lebih berbahaya daripada yang ditunjukkan oleh statistik ini.

Seperti biasa, penelitian ini perlu dilihat dalam konteks studi lain untuk menilai dengan tepat bahaya minum alkohol berlebihan.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan melalui jurnal Nature Health, hasil lengkapnya dapat diakses di sini.

Banyak manfaat kesehatan telah diamati sebelumnya pada orang yang memutuskan untuk berhenti minum alkohol.

Para peneliti ingin melihat peningkatan pesan kesehatan masyarakat yang lebih jujur tentang risiko yang dapat ditimbulkan oleh alkohol, dan tinjauan terhadap tingkat konsumsi alkohol yang direkomendasikan, yang bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Panduan kesehatan masyarakat harus spesifik untuk populasi tertentu, mempertimbangkan risiko relatif di berbagai tingkat asupan, dan beban keseluruhan dari hasil ini pada populasi. (rus)

Exit mobile version