KABARIKA.ID MAKASSAR – Universitas Hasanuddin kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kewirausahaan mahasiswa melalui penyelenggaraan EXPEKTASI (Expo Spekta Wirausaha Mahasiswa Mandiri) yang bertemakan “SustainaBiz: Bisnis Kreatif dan Berkelanjutan untuk Masa Depan”.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Acara yang berlangsung di Pelataran MKU UNHAS, Rabu (20/11/2024) ini menampilkan beragam inovasi dan produk wirausaha mahasiswa yang menekankan aspek keberlanjutan dan kreativitas.
EXPEKTASI menjadi ajang untuk menampilkan karya-karya mahasiswa yang kreatif dan berpotensi besar, serta memberikan dukungan bagi mereka untuk mengembangkan usaha dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan dunia wirausaha.
“Sebuah kebanggaan menampilkan karya mahasiswa kita yang sudah mulai berwirausaha. Ini harus dilakukan terus menerus,” seru Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNHAS, Prof Muhammad Ruslin, dalam keterangan yang diterima Kamis (21/11/2024).
Menurutnya, Universitas Hasanuddin terus berupaya membekali kemandirian untuk berwirausaha bagi mahasiswanya melalui berbagai program, dan hari ini bisa kita saksikan bersama beragam inovasi wirausaha dari mahasiswa Unhas.
Ia menambahkan, mahasiswa perlu membekali diri untuk mampu survive sebagai entrepreneur dan berkontribusi dalam pembangunan setelah lulus dari Unhas. Harapannya, semua peserta expo, sebelum menyelesaikan kuliah, omzet usahanya bisa berkembang pesat dan berkelanjutan.
“Kegiatan wirausaha mahasiswa yang memberikan dampak besar dapat dikonversi menjadi SKS atau tugas akhir. Sekarang saatnya bagi mahasiswa untuk menampilkan prestasi yang lebih baik dan memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin,” tambah Ruslin.
Sementara Ketua Panitia dan Kasubdit Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa
Suhasman mengungkapkan, kegiatan diikuti mahasiswa UNHAS dari berbagai skema pengembangan wirausaha.
Ada 107 tim Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), 16 tim Program Pengembangan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), serta 17 tim PKM Kewirausahaan. Selain itu, ada 10 peserta di luar skema yang turut diseleksi untuk mengikuti expo ini.
“Sejak program PMW dimulai pada Mei lalu, kami menerima 348 tim yang mengajukan proposal, dan 107 tim di antaranya berhasil mendapatkan pendanaan. Kegiatan sebelumnya seperti Unhas Entrepreneur Camp 1 dan 2 serta monitoring, pemasaran produk turut mempersiapkan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam expo ini,” ungkap Suhasman.
UNHAS, melalui berbagai mitra, juga berkomitmen memberikan pendampingan modal untuk membantu mahasiswa dalam mengembangkan usaha mereka.
Pada kegiatan ini mahasiswa memamerkan berbagai jenis produk wirausaha, seperti F&B, produk kreatif, jasa, dan budidaya. (*)