KABARIKA.ID, GOWA, Bupati Gowa Adnan Purichta meresmikan Pos Pelayanan Publik (PPP) Kecamatan Tombolo Pao, Sabtu (16/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Peresmian Pos Pelayanan Publik ini akan mendekatkan pelayanan ke masyarakat sekitar, hingga menekan pengeluaran.

Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa yang berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku dirinya bersama Wakil Bupati Gowa terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya secara merata.

Menurut Adnan setelah peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) beberapa waktu lalu yang mengakomodir masyarakat di dataran rendah.

Maka Pos Pelayanan Publik di Tombolo Pao ini akan mengakomodir masyarakat dataran tinggi yang ingin memperoleh pelayanan.

“Kalau kita belum mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, maka kurangi bebannya terlebih dahulu, inilah yang kita lakukan melalui Pos Pelayanan Publik di seluruh kecamatan dataran tinggi,” ungkap Bupati dua periode ini.

Masyarakat disini, yang ingin mengurus kependudukan, perizinan dan lainnya tidak perlu lagi jauh-jauh tapi cukup datang ke pos pelayanan publik semua telah terlayani.

Pada kesempatan itu, Adnan meminta seluruh pegawai kecamatan dilatih terlebih dahulu agar mampu melayani masyarakat dengan baik dan mengintegrasikan sistem yang ada sehingga seluruh pelayanan di Disdukcapil bisa terintegrasi.

“Pegawainya dilatih bagaimana melayani dengan baik, jika nantinya tidak bisa melayani dengan baik maka akan dievaluasi secara keseluruhan,” tegas orang nomor satu di Gowa ini.

Hemat Biaya Pelayanan

Sementara Camat Tombolo Pao, Astan mengatakan inovasi Pos Pelayanan Publik yang dihadirkan Pemkab Gowa di bawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Menurutnya dengan hadirnya PPP ini mampu mengurangi pengeluaran masyarakat ketika ingin mengurus pelayanan.

“Suatu inovasi yang besar manfaatnya dan membantu masyarakat khususnya di dataran tinggi, menghemat karena setiap kepengurusan dokumen, misalnya kependudukan dan perizinan tidak perlu lagi ke Sungguminasa yang bisa memakan biaya minimal Rp 300 ribu,” ungkap Camat Tombolo Pao.

Namun, kata Astan dengan diresmikannya PPP Kecamatan Tombolo Pao akan menekan biaya pengeluaran dan bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya.

Hal yang sama diungkapkan, Samsul Arif masyarakat Tombolo Pao menilai hadirnya PPP ini mampu menghemat biaya.

Pasalnya saat ini tidak harus datang ke Sungguminasa, namun di Kantor Camat sudah mampu melayani apa yang diinginkan.

“Tentu kami sebagai masyarakat sangat mengapresiasi program pembangunan ini, karena kebanyakan masyarakat yang ingin mengurus kependudukan, perizinan dan lainnya harus ke Sungguminasa yang biayanya tidak sedikit,” jelasnya.

Syamsul Arif berharap Pemkab Gowa melanjutkan pembangunan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Setelah melakukan peresmian, Bupati Gowa bersama Wabup Gowa dan Forkopimda Gowa melakukan buka puasa bersama yabg dilanjutkan dengan tarwih bersama di Masjid Nurul Yaqin Mangngontong, Desa Tonasa, Kecamatan Tombolopao.

Bupati Adnan menerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp50 juta serta 2 (dua) unit hand traktor untuk masing-masing kelompok tani Desa Erelembang dan Desa Tonasa. (*