KABARIKA.ID, JAKARTA–Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (AAS) memanjatkan doa di hadapan jenazah Andi Sultan Pawi saat melayat di ruang jenazah RSUP Dr. Sitanala, Tangerang, Banten, sekira pukul 16.00 WIB, Senin (24/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mentan AAS melayat bersama Yasir Machmud didampingi keluarga almarhum yang baru tiba dari Makassar.

Andi Sultan Pawi meninggal dunia setelah menunaikan ibadah haji 1445 H.

Almarhum dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami sesak nafas, sesaat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Senin subuh.

Mentan AAS dan Sultan Pawi bersahabat sejak sama-sama menempuh pendidikan SMA di Bone.

“Almarhum sahabat saya sejak SMA. Teman dekat seperti keluarga. Insya Allah husnul khatimah,” kata Mentan AAS.

Kepada keluarga yang ditinggalkan Mentan AAS menyampaikan untuk tidak larut dalam kesedihan.

“Keluarga jangan terlalu bersedih karena almarhum Sultan Pawi sudah menyempurnakan rukun Islam. Almarhum baru saja pulang haji,” kata Mentan AAS yang turut merasakan kesedihan sekira 20 orang kekuarga almarhum.

Mentan AAS yang baru saja tiba di Jakarta dari Makassar, setelah Sidang Paripurna Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka segera meluncur ke ruang jenazah RSUP Dr. Sitanala setelah Tangerang, Banten untuk melayat.

Mentan Andi Amran Sulaiman, Yasir Machmud bersama keluarga almarhum Sultan Pawi, di Tangerang, Banten, Senin, 26 Juni 2024. Foto; Eko Nugroho

Hari ini, kegiatan Mentan AAS cukup padat. Pagi memimpin upacara peringatan hari Krida Pertanian di Kantor Pusat Kementan, Ragunan Jakarta.

Mentan Amran didampingi Yasir Machmud, yang juga merupakan kerabat dekat Andi Sultan Pawi, yang mana istri Yasir Machmud, Andi Tenri Engka adalah sepupu satu kali dengan almarhum.

Begitu tiba di ruang jenazah RSUP Dr. Sitanala, sekira pukul 16.00 WIB, Mentan Amran langsung memanjatkan doa dihadapan jenazah almarhum.

Mentan pun membantu keluarga untuk mempercepat kepulangan jenazah yang tadinya mendapat jadwal penerbangan hari Selasa, 25 Juni pukul 01.00 WIB dimajukan ke pukul 20.30 WIB (Senin 24 Juni 2024).

Mentan AAS juga membantu.secara pribadi biaya kepulangan sekira 20 keluaga dan biaya pengiriman jenazah sahabatnya itu ke Makassar.

Ucapan Belasungkawa

Andi Sultan Pawi diketahui pernah menjabat Kadis PU Kabupaten Bone. Juga pernah maju sebagai Calon Wakil Bupati Bone berpasangan dengan A. Mustaman pada Pilkada 2013 lalu.

Ucapan belasungkawa pun mengalir dari keluarga dan sahabat almarhum.

Mantan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, mengirimkan ucapan duka cita atas meninggalnya almarhum.

“Innalillahi Wainna Ilahi Rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah kakanda tercinta Bapak HAJI ANDI SULTAN PAWI di JAKARTA Semoga Husnul Khatimah dan mendapat tempat yang terbaik disisi Allah SWT. Mari kita mendoakan dan membacakan Ummul Kitab dan amal pahalanya diniatkan untuk Alm. HAJI ANDI SULTAN PAWI AL FATIHAH,” tulis Andi Fahsar.