KABARIKA.ID, IKN–Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman (AAS) beserta Istri Hj. Martati mengenakan pakaian adat khas Sulsel pada Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara IKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berangkat dari penginapannya di Swissotel Nusantara, Mentan Amran terlihat mengenakan pakaian ciri khas Bugis.

Kepala bertahta songkok “Recca” atau songkok “Pa’biring” bersulam emas yang biasa dipakai bangsawan Bugis.

Atasannya berupa jas tutu’ (tutup) warna hitam dengan tautan rantai emas pada kancing emas pula.

Bawahan mengenakan “Lipa’ Sabbe” yaitu sarung sutra khas buatan penenun dari Soppeng, salah satu penghasil sutra kualitas tinggi di tanah Bugis.

Tampak juga terpasang di jasnya pin penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana yang diberikan kepada mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam hal ini Mentan Amran pernah mengucapkan bahwa penghargaan ini beliau terima mewakili seluruh petani di Indonesia.

Adapun istri Mentan, Hj. Martati juga mengenakan “baju bodo” warna merah.

Baju Bodo sendiri adalah pakaian tradisional perempuan suku Makassar di Sulawesi Selatan.

Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.

Hj. Martati juga mengenakan “Lipa Sabbe” berwana hijau keemasan yang senada dengan lipa sabbe Mentan.

Terlihat berpadu cantik dengan baju bodo yang dikenakan.

Di atas hijabnya bertahtakan mahkota khas wanita bugis yang disebut Saloko dari emas. Di tangannya berhias Ponto (gelang) yang juga terbuat dari emas.

Begitu pula di lehernya tampak kalung yang bertahta berlian menambah keanggunan ibu empat orang anak ini.

Upacara kemerdekaan sejak era presiden Joko Widodo memang selalu menjadi ajang yang dimeriahkan dengan baju adat dari berbagai daerah yang dikenakan oleh para Presiden dan Menteri termasuk para pejabat negara yang hadir.

Ibu Mentan, Hj. Martati menghadiri upacara Hari Kemerdekaan RI ke-79 mendampingi Mentan Anran sebagai wujud solidaritas sesama anggota OASE KIM.

OASE KIM adalah singkatan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Merupakan organsasi istri menteri dan wakil menteri, pembinanya ibu negara dan istri wapres

Upacara peringatan hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun ini merupakan sejarah sekalugus upacara terakhir Kabinet Indonesia Maju (KIM) setelah 10 tahun di bawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo.

Semua Menteri ingin memeriahkan upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia bersama Presiden Joko Widodo dan begitu pula para istri Menteri juga ingin memeriahkan bersama ibu negara, Iriana Joko Widodo.

Upacara kenegaraan HUT Kemerdekaan RI tahun ini diselenggarakan secara bersamaan di tiga tempat, Istana Negara Jakarta, IKN dan daerah terpencil.

Di IKN upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, diikuti Mentan AAS dan Menteri lainnya yang telah ditentukan oleh Sekretariat Negara (Setneg).