KABARIKA.ID, TAKALAR – Sebuah kapal penangkap ikan KM Bintang Tamalate hilang di perairan Takalar, Sulawesi, setelah berangkat dari Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) pada Rabu, 2 Oktober 2023. Kapal tersebut membawa lima orang nelayan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kelima nelayan yang ada di kapal tersebut adalah Daeng Taba, Daeng Pole, Dandi, Zul, dan satu orang lainnya yang identitasnya belum didiketahui.

Namun, sehari setelah kapal berangkat, keluarga nelayan tersebut belum mendapat informasi keberadaan mereka. Mereka seharusnya tiba di Galesong, Takalar, tetapi tidak kunjung tiba. Keluarga nelayan kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang setempat.

Setelah menerima laporan tersebut, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar langsung membentuk tim gabungan untuk mencari kapal yang hilang tersebut. Area pencarian berada sekitar 22 mil laut dari Pulau Tanakeke, Pangkep.

Pencarian telah berlangsung selama sehari, tetapi sejauh ini, tidak ada tanda-tanda kapal atau penumpangnya yang ditemukan. Kapal itu terlihat sekitar 20 mil dari Tanakeke, tetapi penumpangnya masih hilang. Karena cuaca buruk dan malam hari, pencarian akan dilanjutkan keesokan harinya.

Operasi pencarian dilakukan dengan menggunakan Kapal Negara (KN) Kamajaya, namun kapal tersebut berlabuh sementara karena kondisi cuaca yang tidak mendukung.

“Kami juga telah mengimbau kepada para nelayan di wilayah tersebut agar berhati-hati saat melaut,” kata Andi Sultan, Kepala Seksi Operasional Basarnas Makassar, Jumat (4/10/2024)

Keluarga nelayan yang hilang berharap agar mereka semua ditemukan dalam keadaan selamat. (*)