Teliti Perawatan Ortodonti Gigi, Selangkah Lagi Ardiansyah Raih Gelar Doktor di Unhas

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Founder Anugrah Maraja disingkat AM Dental Aesthetic Clinic, drg. Ardiansyah S, Pawinru, Sp. Ort, SubSp, DDTK (K), meraih gelar Doktor di bidang ilmu Kedokteran di program doktoral FK- Universitas Hasanuddin (Unhas)

Gelar tertinggi di bidang akademik ini disandang karena berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Analisis Perbedaan Pengaruh Kafein dan etanol terhadap ekspresi interleukin-1 (IL-1), Receptor aktivator nuclear faktor (Rank), Osteoprotegerin (OPG) dan transforming growth factor (TGF) serta pergerakan Gigi selama perawatan ortodonti”.

“Insya Allah promosi Doktor akan berlangsung di Aula PPDS Fakultas Kedokteran Unhas, Rabu (9/10/2024) mendatang,” jelas Ardiansyah, Sabtu (5/10/2024).

Judul Disertasi yang diteliti sesuai dengan profesinya selama ini. Dengan fenomena semakin banyak masyarakat yang sadar akan perawatan behel, disatu sisi semakin meningkatnya peminum kopi ditandai dengan menjamurnya cafe dipelbagai kota. Begitupun pemanfaat alkohol yang semakin meningkat.

Selain sebagai Dosen di FKG Unhas. Ardiansyah juga memiliki klinik yang khusus berkaitan perawatan gigi spesialis. Menurutnya, Kesehatan gigi sangat penting sebab menjadi pintu utama makanan masuk kedalam tubuh, sehinga oklusi dan kondisi gigi harus baik, karena itu perawatan ortodonti menjadi penting.

“Ortodonti ini, berhubungan dengan proses koreksi atau membetulkan kembali posisi gigi yang tidak rapi, gigi terlalu maju dan hal-hal lain yang berhubungan dengan struktur gigi,” tuturnya.

Diketahui, drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort(K), lahir di Maros, 19 Agustus 1979. Ia merupakan Dosen di Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Hasanuddin (Unhas) dan kini menjabat sebagai Ketua Program studi PPDGS Ortodonti FKG Unhas.

Ia adalah lulusan program sarjana di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan pada tahun 1997-2002.

Setelah menyelesaikan program sarjana ini melanjutkan program profesi di universitas yang sama hingga tahun 2005.

Tak henti sampai disini, pada tahun 2008 hingga 2014 drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort(K) melanjutkan program Spesialis Orthodonsia di Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat.

Selama kuliah ternyata drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort(K) juga aktif mengikuti berbagai organisasi.

Di awal perkuliahan, ia dipercaya menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort(K) sering diamanahi menjadi ketua di beberapa organisasi tingkat Universitas hingga Provinsi.

Ia juga pernah menjadi Ketua Umum Dewan Perwakilan Mahasiswa Profesi Fakultas Kedokteran Gigi selama 1 periode.

Tak hanya itu, pada tahun 2016-2020 drg. Ardiansyah S. Pawinru, Sp.Ort(K) menjadi Ketua Bidang Kesehatan KNPI Sulawesi Selatan.

Di tahun ini, ia menjadi wakil ketua Umum Pengurus Besar Persatuan dokter gigi inidonesia (PB PDGI), Sekretaris Umum PDGI Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat. Dan wakil ketua Penguris Pusat IKORTI

Dia juga aktif mengikuti pelatihan dan aktivitas sosial. Sejak tahun 1998 hingga kini, ia sudah mengikuti 24 pelatihan dan aktivitas sosial.

“Saya berharap dengan penelitian ini akan menjadi referensi bagi ortodontis dan pasien dalam melakukan perawatan behel,” harapnya.