KABARIKA.ID, JAKARTA– Upaya PT Pupuk Indonesia (Persero) memajukan pertanian Indonesia melalui inovasi dan teknologi mendapatkan apresiasi di ajang BUMN Branding & Marketing Award 2024 di Jakarta, Kamis (14/11/2024). Pupuk Indonesia meraih penghargaan tertinggi, yaitu Platinum Trophy pada sub kategori Innovation & Technology Advancement dan Best Chief Marketing Officer (CMO) on Leadership & Teamwork kepada Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Tri Wahyudi Saleh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pupuk Indonesia, saat ini banyak melakukan inovasi dan optimalisasi teknologi sebagai bentuk dukungan Perusahaan untuk mewujudkan percepatan swasembada pangan nasional. Penghargaan ini akan terus memotivasi kami dalam menciptakan terobosan-terobosan baru demi kemajuan pertanian di Indonesia,” ujar Tri Wahyudi.

Beberapa inovasi dan pemanfaatan teknologi Pupuk Indonesia diantaranya adalah produk pupuk majemuk atau NPK yang bisa customize sesuai dengan kebutuhan konsumen. Inovasi ini penting karena setiap komoditas memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, sehingga pupuk yang diproduksi benar-benar presisi atau sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Saat ini, Pupuk Indonesia memiliki lebih dari 200 variasi formula khusus NPK yang spesifik untuk berbagai komoditas pertanian. Beberapa diantaranya untuk komoditas kakao, lada, kelapa sawit, hortikultura, perikanan (tambak), tebu, padi, jagung, tembakau, singkong, kopi, dan masih banyak lagi. Selain itu, Pupuk Indonesia juga memiliki NPK Phonska Alam yang disiapkan khusus untuk pertanian organik.

Berikutnya, Pupuk Indonesia juga memiliki program inovatif Makmur yang merupakan ekosistem pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani. Makmur mengintegrasikan hulu-hilir pertanian, baik on farm maupun off farm, melibatkan sejumlah stakeholder, mulai dari perbankan, lembaga asuransi, pendamping budidaya, pemerintah daerah, hingga offtaker.

“Program inovatif lain yang tak kalah menarik adalah Kartini Tani yang turut mengoptimalkan peranan perempuan dalam mendukung kemajuan pertanian di Indonesia. Program ini telah banyak memberikan dampak positif bagi pertanian di beberapa daerah. Selain itu, untuk meningkatkan ketersediaan pupuk non-subsidi, Pupuk Indonesia juga memiliki program Toko Pe-i yang mampu memperluas kanal-kanal pemasaran dengan membangun kemitraan baru,” ujar Tri Wahyudi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan optimalisasi teknologi yang dilakukan Pupuk Indonesia untuk pertanian. Saat ini Pupuk Indonesia memiliki program PreciX yang memanfaatkan drone untuk melakukan mapping lahan, serta mobil uji tanah untuk mengecek kesuburan atau kesehatan tanah. Dengan kemampuan tersebut, kedua teknologi ini bisa memberikan rekomendasi pemupukan presisi yang sesuai kebutuhan tanaman dan kondisi tanah. Dalam aplikasinya di berbagai daerah, teknologi ini terbukti menghasilkan produktivitas yang optimal dengan budidaya lebih efektif dan efisien.

Pupuk Indonesia, lanjutnya, juga memanfaatkan teknologi atau digitalisasi untuk pada proses distribusi pupuk, mulai dari gudang Lini I hingga ke kios-kios di tingkat desa. Perusahaan juga mempermudah proses penebusan pupuk subsidi melalui aplikasi iPubers, dimana petani cukup datang ke kios membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk menebus pupuk subsidi.

Inovasi ini merupakan terobosan terbaru pada tahun 2024 yang merupakan hasil kolaborasi Pupuk Indonesia dan Kementerian Pertanian sebagai bentuk peningkatan tata kelola penyaluran pupuk bersubsidi. Selain itu, Pupuk Indonesia juga memiliki berbagai aplikasi digital lainnya yang menjadikan proses distribusi lebih efektif, efisien, dan pengawasannya ketat.

“Segala inovasi dan pemanfaatan teknologi yang Pupuk Indonesia jalankan merupakan upaya bersama untuk mewujudkan pertanian Indonesia lebih maju dan modern, serta menarik generasi muda turut aktif memajukan pertanian Indonesia,” pungkasnya.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga mendapatkan tiga penghargaan lainnya, yaitu Platinum Trophy untuk sub kategori Employer and Employee Branding in Building Competent and Agile BUMN Personnel, Gold Trophy pada sub kategori Collaborations Between BUMN Personnel and Technology, dan The Best Brand Innovation Perusahaan BUMN dan Perusahaan Tbk.

Terdapat dua anak perusahaan Pupuk Indonesia yang juga mendapat penghargaan pada ajang yang sama. Petrokimia Gresik berhasil membawa pulang empat penghargaan sekaligus, sementara Pupuk Sriwidjaja Palembang mendapatkan satu penghargaan.

BUMN Branding & Marketing Awards 2024 diselenggarakan oleh majalah BUMN Track untuk memberikan apresiasi terhadap upaya luar biasa perusahaan BUMN dalam mengoptimalkan potensi branding dan marketing. Melalui ajang ini, BUMN Track menyoroti peran penting insan-insan BUMN yang kompeten serta dukungan teknologi canggih dalam membentuk strategi branding dan marketing yang unggul. Ajang ini bergengsi karena diikuti 82 perusahaan yang terdiri dari BUMN, BUMN Tbk dan Anak Perusahaan BUMN, yang semuanya telah mengikuti proses penjurian berjenjang dan ketat oleh dewan juri dan pakar professional. (*)