Bidang Na’ke mi Gang Siapkan Program Kejutan di Raker PP IKA Unhas

Berita678 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Bidang Tenaga Kerja, Energi dan Sumber Daya Mineral, Industri dan Perdagangan (Na’ke mi Gang) akan menyiapkan program kejutan saat rapat kerja (raker) Pengurus Pusat (PP) IKA Unhas di Four Points Hotel by Sheraton Makassar, Selasa (12/7/2022) besok.

Program tersebut berupa program unggulan untuk tenaga kerja, energi dan sumber daya mineral, industri dan perdagangan.

Ketua Bidang Industri dan Perdagangan, Dr Sudirman Numba mengaku salah satu program andalan bidang ini adalah sistem microwave untuk produk-produk pertanian dan sistem resi gudang (SRG).

“Selama ini kendala para petani adalah soal kadar air hasil panen. Misalnya jagung. Jika kadar air terlalu tinggi, pasti harga jualnya juga rendah,” kata Sudirman.

Dengan microwave ini, jelasnya, maka kadar air bisa diturunkan. Seperti jagung bisa sampai 14 persen kadar airnya dengan harga jual yang tinggi di industri.

Sementara untuk program SRG dikembangkan untuk membantu petani saat produksi hasil pertanian melimpah.

Sistem Resi Gudang ini, kata Sudirman, akan memberikan jaminan pembayaran 70 persen dari harga jual yang dapat diakses ke pihak perbankan dengan resi yang dikeluarkan oleh pengelola gudang setelah semua lolos pemeriksaan mutu barang.

“Koperasi IKA Unhas sebagai pengelola gudang akan membantu petani mendapatkan akses pendanaan dari perbankan,” tambah Sudirman.

Sementara itu, Wasekjen IKA Unhas yang membawahi bidang-bidamg tersebut, Marwan R Husein mengatakan, untuk langkah awal mereka akan bekerja sama dengan Pemkab Bone.

“Ada empat hasil pertanian seperti jagung, beras, rumput lau dan daging sapi nanti yang bisa ditangani. Teknisnya sudah dibuat. Tinggal dijalankan,” kata Marwan.

Yang pasti, kata Marwan, bidang yang diberi tanggung jawab kepadanya siap memberikan kerja-kerja yang memberikan banyak manfaat bagi alumni dan masyarakat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.