BPD KKSS Kabupaten Bekasi Sumbang dan Salurkan Langsung Donasi untuk Warga Terdampak Gempa di Cianjur

Berita477 Dilihat

KABARIKA.ID, CIKARANG-Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian sosial kepada masyarakat Cianjur yang terdampak gempa dashyat beberapa waktu silam, Badan Perwakilan Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan IWSS (Ikatan Wanita Sulawesi Selatan) Kabupaten Bekasi, membawa sumbangan dengan menggunakan truk box dan konvoi 5 kendaraan menuju lokasi bencana di Cianjur, Minggu pagi (27/11) dari Cikarang.

Menurut Ketua BPD KKSS Kabupaten Bekasi, Budi Hartawinata, donasi dikumpulkan oleh segenap warga KKSS/IWSS se Kabupaten Bekasi dalam seminggu terakhir ini.

“Tidak hanya berupa uang, namun juga pakaian layak pakai, juga ada yang sumbangkan kruk dan kursi roda. Salut dan Terharu sekali atas kepedulian warga KKSS Kabupaten Bekasi yang turut mengulurkan bantuan kepada saudara-saudara kita di Cianjur yang terkena bencana gempa yang dalam waktu singkat mengumpulkan donasi dan dikoordinir lewat WhatApp grup Komunitas,”kata Budi.

Seperti disampaikan oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dalam konferensi pers, Sabtu (26/11), terdapat sebanyak 318 orang meninggal dunia hingga hari keenam gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Hingga saat ini, korban jiwa yang hilang sebanyak 14 korban jiwa. Sementara korban yang mengalami luka sebanyak 7.729 orang yang terdiri dari 595 mengalami luka berat dan 7.134 mengalami luka ringan. Sementara korban luka berat yang dirawat di rumah sakit sebanyak 108 orang.

Hingga saat ini, korban jiwa yang hilang sebanyak 14 korban jiwa. Sementara korban yang mengalami luka sebanyak 7.729 orang yang terdiri dari 595 mengalami luka berat dan 7.134 mengalami luka ringan. Sementara korban luka berat yang dirawat di rumah sakit sebanyak 108 orang.

Untuk penyintas gempa yang masih mengungsi sebanyak 73.693 jiwa. Sementara kerugian materiil akibat gempa yakni 58.049 rumah rusak. Kemudian 25.186 rumah mengalami rusak berat, rusak sedang 12.496, dan rumah yang mengalami rusak ringan 20.367 rumah.

Infrastruktur yang rusak diantaranya 368 sekolah, 144 tempat ibadah, 14 fasilitas kesehatan, dan 16 gedung atau perkantoran. Sebanyak 16. kecamatan dan 146 desa terdampak gempa bumi tersebut.

Budi kemudian menambahkan bahwa sumbangan yang disalurkan pada hari ini tidak sekedar sebagai bagian dari program sosial KKSS Kab.Bekasi.

“Ini adalah panggilan kemanusiaan. Kita tidak boleh abai atas penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa bencana gempa di Cianjur. Insha Allah, jika memang diperlukan, penyaluran sumbangan dari keluarga besar KKSS dan IWSS Kabupaten Bekasi bukan yang pertama dan terakhir. Kami akan terus menggalang bantuan dan mengetuk hati para donatur untuk menyumbangkan rezekinya. Semoga sedekah ini bernilai berkah dan mulia,”pungkasnya optimis.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *