Rombongan PP IKA Unhas Disajikan Makan Siang Sinonggi

Berita521 Dilihat

KABARIKA.ID, KENDARI — Setelah sempat mengalami kendala saat mendarat di Bandara Haluoleo Kendari, akhirnya rombongan Pengurus Pusat IKA Universitas Hasanuddin (Unhas) tiba dengan selamat di Bumi Anoa, Sabtu (3/6/2023) pukul 10.40 Wita.

Rombongan PP IKA Unhas disambut Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) IKA Unhas Sulawesi Tenggara, Andi Syahrir, dan para Wakil Ketua antara lain Laode Muh Yasir Haya dan Darwin Ismail serta Bendahara Umum, drg Vivi Imran.

Rombongan PP IKA Unhas datang ke Kendari untuk menghadiri pelantikan tujuh Pengurus IKA Unhas Daerah. Ketujuh daerah tersebut adalah IKA Unhas Kendari, Muna, Muna Barat, Konawe Selatan, Wakatobi, Bombana dan Kolaka.

Dari Bandara Haluoleo, rombongan diajak makan siang di Rumah Makan Samudera Jalan Abdullah Silondae. Di rumah makan ini, rombongan disajikan Sinonggi. Makanan yang terbuat dari sagu ini adalah makanan khas Kendari.

“Ini adalah khas Kendari. Kalau di Sulsel disebut kapurung. Hanya cita rasanya agak beda,” kata Andi Syahrir.

Ichi Indrawan saat mencoba menyajikan sinonggi.

Syahrir lalu mencontohkan bagaimana menyajikan sinonggi. Ia mengambil sumpit lalu menggulung sinonggi membentuk bulatan.

“Tapi lebih dulu piring harus diisi kuah sayur atau kuah ikan,” kata alumni Teknologi Pertanian angkatan 1998 ini.

Beberapa pengurus mencoba mempraktikkan penyajian sinonggi dengan sumpit. Seperti Soewarno Sudirman, Kahar Gani, Poppy Rusdi, Sawaluddin Arif dan Ichi Indrawan. Namun terlihat masih kaku. “Agak susahki,” kata Soewarno sambil tertawa.

Soewarno Sudirman ikut mencoba membuat bulatan sinonggi.

Sementara Ichi Indrawan cukup bisa membentuk bulatan. Hanya bentuknya belum beraturan.

“Kalau saya biasami. Ini makanan di kampungku,” timpal Sawaluddin Arif. Bahkan, alumni Perikanan ini sangat lahap menikmati sinonggi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *