Buka Papua Street Carnival, Presiden Yakini Anak Muda Papua Mampu Lakukan Lompatan Besar

Berita, Seni Budaya463 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Papua Street Carnival yang digelar di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Jumat (7/07/2023).

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan keyakinannya bahwa anak-anak muda Papua mampu melakukan sebuah lompatan besar pasca-diresmikannya Papua Youth Creative Hub (PYHC) melalui kreativitas yang dimiliki.

“Kalau tidak percaya silakan masuk ke lokasi pameran dan melihat sendiri betapa yang namanya packaging produk-produk Papua, baik itu kopi, ikan asap, dan produk-produk lainnya yang berkaitan dengan fashion designer betul-betul lompatannya kelihatan sekali. Desain-desain sangat bagus dikemas dalam kemasan, dalam packaging yang brand-nya didesain dengan sangat baik,” ujar Presiden.

Papua Street Carnival mengangkat tema, “Papua Extravaganza the East Great Spirit.”

Selain itu, Kepala Negara juga mengapresiasi hasil karya anak muda Papua yang telah membuat sebuah lompatan besar dengan memproduksi barang-barang elektronik, seperti ponsel dan laptop.

“Tadi disampaikan oleh Menteri Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), memproduksi handphone, memproduksi laptop, ini dilakukan bukan di Indonesia bagian barat, tetapi dilakukan di Indonesia bagian timur, di Tanah Papua, sebuah lompatan,” tutur Presiden.

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers kepada awak media usai membuka secara resmi Papua Street Carnival, di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura. (Foto: BPMI Setpres).

Dalam acara tersebut, Presiden menyaksikan sejumlah pertunjukan oleh anak muda Papua yang diawali dengan persembahan Tari Fuu dan tifa raksasa. Masyarakat Papua memaknai tifa sebagai karya budaya yang dijadikan simbol jati diri, pemberi identitas, dan sarana penguat ikatan relasi sosial.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo menyaksikan persembahan parade tujuh wilayah adat Papua, persembahan lagu Jan Ganggu oleh Shine of Black, serta pertunjukan Tari Yospan yang merupakan tarian persahabatan rakyat Papua.

Tampak pula pertunjukan sejumlah parade baju karnaval yang terinspirasi dari kekayaan alam di Papua, turut memeriahkan acara tersebut.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyebut gelaran Papua Street Carnival menampilkan puluhan kostum anak muda PYCH yang dikemas dalam konsep parade dengan runway terpanjang di Indonesia timur. Atraksi 100 kapal hias turut ditampilkan dalam acara ini.

“Bertema Papua Extravaganza the East Great Spirit, Papua Street Carnival jadi wadah pelaku ekonomi kreatif, cerminan semangat anak muda untuk memajukan Papua dan kreasi-kreasinya luar biasa,” kata Sandiaga.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut, antara lain Mensesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala BIN Budi Gunawan, Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dan Plh. Gubernur Papua Ridwan Rumasukun. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *