Prodi Spesialis Penyakit Mulut FKG Unhas Workshop Fotografi

Berita, Kabar Unhas821 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Workshop Fotografi.

Kegiatan berlangsung di Ruang Kelas Internasional D FKG Unhas dan Workshop II untuk latihan pengambilan foto intraoral dalam setting klinis, Rabu (27/9/2023).

KPS PPDGS Penyakit Mulut FKG Unhas, Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM.Sub.Inf(K). Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya dalam implementasi kurikulum.

“Dimana residen belajar mengenali komponen dalam sebuah kamera digital baik DSLR, Mirrorless, ataupun kamera dari perangkat HP,” ujarnya.

Selanjutnya, peserta diminta mengenali kondisi rongga mulut dan mempraktekkan tehnik pengambilan foto untuk mendapatkan gambar yang mampu memberikan informasi klinis yang detail.

“Workshop ini membantu mahasiswa dan dosen kami untuk lebih memahami bagaimana fotografi dapat digunakan dalam praktik penyakit mulut,” jelasnya.

Gambar klinis yang diharapkan baik untuk membantu penegakan diagnosis, follow up pasien, maupun untuk kepentingan dokumentasi dan publikasi. Kemampuan fotografi ini sangat penting dalam diagnosa dan dokumentasi kasus penyakit gigi dan mulut.

Selain itu, pengadaan kamera dengan spesifikasi terbaru yang didukung oleh pihak Fakultas, perlu diappresiasi dengan penggunaan yang tepat dan hati-hati sehingga kamera dapat tetap berfungsi optimal.

“Sehingga workshop ini sangat tepat dan urgen untuk dilaksanakan,” tutup drg. Erni. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *