Ketum IKA Unhas, Amran Sulaiman Dilantik Jadi Menteri Pertanian

Berita829 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, resmi melantik Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Unhas, Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian.

Amran akan menyelesaikan sisa masa periode Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024 di Istana Negara, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023.

Pelantikan ini sekaligus membantah rumor yang berseliweran sehari, bahkan beberapa jam sebelumnya, bahwa pos menteri pertanian akan diberikan kepada salah seorang ketua partai.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 101 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Menggantikan Mentan sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri.

Mengikuti Presiden Jokowi, Amran mengikuti pembacaan sumpah jabatan. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab”.

Amran bukanlah orang baru di pemerintahan Jokowi. Pria asal Bone, Sulawesi Selatan itu pernah menjabat Menteri Pertanian di Kabinet Kerja, masa pemerintahan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla periode pertama 2014 – 2019.

Sebelum pelantikan, pengusaha nasional itu telah bertemu Presiden Joko Widodo di Istanan Negara, Jumat, (15/9/2019).

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan AAS ssat itu berlangsung selama dua jam.

Dalam pertemuan tersebut berbagai hal dibicarakan, khususnya terkait permasalahan ekonomi di Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Kepada awak media usai pertemuan tersebut, Andi Amran Sulaiman mengatakan pembicaraan dengan Presiden Jokowi terkait masalah ekonomi, pertanian serta pembangunan di Indonesia Timur.

Ketika ditanya soal kemungkinan masuk dalam jajaran kabinet Jokowi, AAS tak menjawab tapi hanya melemparkan senyum. Begitupun ketika ditanya akan jadi menteri apa? AAS kembali tersenyum.

Andi Amran juga menambahkan bahwa selama ini, dirinya tegak lurus mendukung Presiden Jokowi.

“Loyalitas saya pada pak Presiden tak usah diragukan lagi,” katanya.

Hari ini, jawaban dari pertanyaan media terjawab hari ini.

Pada pelantikan di Istana Negara hari ini, tampak hadir sejumlah menteri dan kepala lembaga negara, seperti Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Pahala Mansury.

Juga tampak Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Dara (KSAD) Jenderal Dudung Abduracman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *