Pra Munas IKA Teknik UNHAS 2023 Berjalan Lancar Dalam Spirit Kebersamaan

Berita, Kabar Alumni604 Dilihat

KABARIKA.ID, GOWA-Kegiatan Pra Munas Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin yang digelar di Exhibition Hall, Gedung COT Fakultas Teknik Unhas, Gowa, Sabtu pagi(11/11), berlangsung lancar dan penuh nuansa kekeluargaan.

Kegiatan yang digelar secara hybrid (online dan offline) tersebut dihadiri oleh perwakilan Pengurus Ikatan Alumni Jurusan, Wilayah, Badan Otonom termasuk Badan Penasehat serta Dewan Pakar Pengurus Pusat IKA Teknik Unhas.

Dalam kata sambutannya, Ketua IKA Teknik Unhas periode 2014-2019 dan 2019-2023, Haedar.A.Karim menyatakan momentum Pra Munas kali ini menjadi kesempatan terbaik untuk melakukan konsolidasi organisasi terlebih menjelang tahun politik yang berpotensi menimbulkan banyak perbedaan pandangan diantara para alumni teknik.

“Sebagai bagian dari keluarga besar Alumni Teknik Unhas, saya berharap perbedaan pandangan yang terjadi tidak serta merta meluluhkan semangat persaudaraan dan kekompakan diantara kita semua. Kita harus menjaga ini sampai kapanpun, sebagai jatidiri spesifik dan esensial sesama alumni Teknik Unhas,” tegas Haedar disambut tepukan riuh hadirin.

Pada kesempatan berikutnya, Sekretaris Dewan Penasehat IKA Teknik Unhas Syarif Burhanuddin menyatakan Pra Munas yang diselenggarakan hari ini, tidak hanya menjadi bagian upaya sosialisasi dan konsolidasi namun juga adalah momentum untuk curah pikir dan berdiskusi secara cerdas, sinergis serta konstruktif mengenai keberlanjutan organisasi IKA Teknik Unhas.

“Termasuk tentu saja, bagaimana kita mengakomodir hasil Mubes IKA Unhas 2022 lalu dalam Munas IKA Teknik sesuai apa yang sudah tercantum dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) IKA Unhas sebagai acuan,”ujar Syarif bersemangat.

Kegiatan Pra Munas kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sosialisasi dipimpin oleh Ketua Tim Pengarah Munas IKATEK Unhas, M. Sapri Pamulu didampingi Ketua Panitia Pelaksana Munas IKATEK Unhas, Anwar Matawappe.

Ketua IKA Teknik Elektro Unhas, Ikhlas Bahar mengusulkan untuk mengikuti mekanisme pemilihan yang sudah ditetapkan dalam AD/ART IKA Unhas yaitu “One Man One Vote” (OMOV).

“Pada pemilihan Ketua IKA Teknik Elektro lalu, kami sukses menerapkan mekanisme OMOV ini dan bahkan menjadi salah satu strategi kami untuk melengkapi database anggota. Para Pemilih yang terverifikasi melalukan pemilihan secara online untuk memilih kandidat Ketua mereka. Ini bukan tidak mungkin diterapkan dalam Munas IKA Teknik Unhas nanti dan dengan pengalaman yang kami miliki, kami siap support membantu panitia,”ucap Ikhlas dengan mata berbinar.

“Saya menyambut baik usulan kanda Ikhlas. Jika mekanisme OMOV ini sukses diterapkan dalam Munas IKA Teknik Unhas nanti, maka akan menjadi role model bagi pelaksanaan Munas IKA Fakultas lain dan bahkan Mubes IKA Unhas. Hanya perlu memang disiapkan sejenis KPU (Komisi Pemilihan Umum) untuk mengawal prosesnya dengan lebih baik, adil dan akuntabel,” ujar M.Irfan AB, Ketua IKA Teknik wilayah Sulawesi optimis.

Acara Pra Munas menghasilkan beberapa kesepakatan,antara lain opsi pemilihan OMOV akan dievaluasi secara komprehensif oleh tim Pengarah Munas IKA Teknik,  Pelaksanaan MUNAS IKATEK akan di Laksanakan di Makassar dan dipertimbangkan bersamaan dengan kegiatan Halal bi Halal (HBH) IKATEK pada tahun 2024 serta untuk panitia penyelenggara pelaksanaan HBH akan dipimpin oleh IKA Teknik Elektro dan wakilnya dari seluruh IKA Teknik Jurusan/Departemen.***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *